Berburu Aneka Takjil di Pasar Benhil, Bikin Ngiler

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 22 Apr 2022 03:15 WIB
Pasar Takjil di Benhil
Foto: Kholida Qothrunnada
Jakarta -

Setelah 2 tahun tidak beroperasi saat Ramadan akibat pandemi COVID-19, kini pasar takjil Bendungan Hilir (Benhil), Tanah Abang, Jakarta Pusat, bisa dinikmati kembali oleh para pemburu takjil.

Pasar takjil di Benhil menawarkan berbagai menu berbuka puasa seperti es, gorengan, kue, dan lain-lain. Tersedia takjil dengan harga Rp 5 ribu, seperti pisang cokelat (piscok), risol, hingga bihun baso.

Ada juga aneka es segar yang menggugah selera, mulai dari es buah, es mangga, es kelapa, es cendol, hingga es pisang ijo, yang dibanderol Rp 5-10 ribu.

Selain itu, di pasar takjil Benhil juga ditemui beberapa pedagang yang menjual aneka makanan khas daerah di Indonesia.

Misalnya, ada bubur jagung khas Aceh yang terbuat dari buliran jagung yang diblender, ditambah dengan sagu mutiara.

"Ini bubur jagung khas Aceh saya buat 3 jam non-stop harus diaduk, harus begiitu biar ada sensasi rasa manisnya beda, dan biar nggak gosong jua. Saya bikin resepnya dari orang tua saya asli Aceh," ujar Lui salah satu pedagang takjil yang ditemui di pasar takjil Benhil, Kamis (21/4/2022).

Pasar Takjil di BenhilPasar Takjil di Benhil Foto: Kholida Qothrunnada

Selain itu, ada juga aneka jajanan kue lawas khas Sumatera tepatnya daerah Minangkabau, yakni lemang tapai. Penjual jajanan kue itu bernama Putri.

"Lemang tapai terbuat dari campuran ketan dan santai, yang dicocol dengan kuah tape. Harganya satu lonjor wadah bambu dibanderol Rp 50 ribu dan cocolan tapenya Rp 10 ribu," kata Putri.

Putri juga menjual jajanan lawas khas Minangkabau lainya yang dibanderol Rp 3.500 per item. Contohnya ada lamang baluo, kue katen atau ongol-ongol, ketupat ketan, hingga lupis ketan kelapa isian gula merah.



Simak Video "Berburu Takjil di Pasar Benhil Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)