Ini Nih Peluang Bisnis yang Bisa Dilakoni Warga Desa Tanpa Perlu ke Kota

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 06 Mei 2022 19:00 WIB
Ilustrasi bisnis online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kesuksesan bisa didapatkan kapan saja dan di mana saja, termasuk di desa. Dengan kemajuan infrastruktur yang ada, masyarakat bisa memperbaiki taraf hidup tanpa perlu ke kota.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan internet dengan cara berjualan online yang pasarnya bisa menjangkau seluruh Indonesia.

"Ketika sama-sama memanfaatkan internet untuk penjualan dan bisnisnya, menurut saya orang tidak perlu sampai harus pindah ke kota untuk mengembangkan usahanya," katanya kepada detikcom, Jumat (6/5/2022).

Ada beberapa produk dari desa yang bisa dijual ke kota seperti sayuran dan buah-buahan, hasil perikanan dan peternakan, atau hasil kerajinan tangan.

"Akan lebih efektif dan efisien bila pemasarannya dengan memanfaatkan dunia digital seperti sosial media dan sarana digital lain," tuturnya.

Jika tidak ingin berjualan produk makanan, bisa juga menjadi content creator dengan menjelajahi keindahan desa yang ada di sekitar.

"Bisa dengan mengexplore keindahan desa dengan cara memaksimalkan destinasi wisata yang ada di desa ataupun juga dengan membuat program desa wisata misalnya. Bahkan industri kreatif seperti menjadi konten kreator di sosial media juga bisa berkembang meskipun kita bertempat tinggal di desa," jelasnya.

Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Timboel Siregar mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan potensi di desa yang sudah cukup besar. "Potensi itu yang harus dilihat dan dimaksimalkan. Nggak usah ke sini (kota) karena di sana masih ada potensinya," jelasnya.

(aid/dna)