ADVERTISEMENT

RI & Norwegia Mau Duet Kembangkan Budidaya Perikanan Ramah Lingkungan

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 16:36 WIB
Perikanan Budidaya
Foto: KKP
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bertemu Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia Henrik Thune dan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin di Kantor Pusat KKP, Kamis (12/5/2022).

Pertemuan ini salah satunya membahas potensi kerja sama di bidang perikanan budidaya yang produktif dan ramah lingkungan. Trenggono memaparkan KKP punya program prioritas guna meningkatkan produktivitas sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

Program tersebut antara lain pengembangan budidaya perikanan modern ramah lingkungan, pengelolaan sumber daya alam perikanan berkelanjutan berbasis teknologi, dan perluasan kawasan konservasi untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim.

"Hal-hal itu yang sedang kami fokuskan, untuk menjaga sumber daya, bukan hanya ekonominya, tapi keberlangsungan ekologi di laut," kata Trenggono dalam siaran pers, dikutip Jumat (13/5/2022).

Adapun komoditas yang menjadi fokus untuk terus dikembangkan adalah udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Trenggono berharap komoditas budidaya tersebut jadi produk perikanan unggulan di pasar internasional.

Dari pertemuan itu Trenggono berharap akan ada kerja sama antara Indonesia dan Norwegia di bidang teknologi budidaya. Apalagi Norwegia merupakan produsen salmon terbesar di dunia.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Tb Haeru Rahayu mengatakan bahwa selama ini telah banyak mempelajari industri perikanan budidaya di Norwegia. Menurutnya perlu ada diskusi lanjutan untuk menjalin kerja sama yang menguntungkan kedua negara.

Sementara itu Henrik Thune mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh KKP. Henrik menyampaikan bahwa Norwegia sangat terbuka dalam membangun kemitraan dan mempertimbangkan untuk melakukan transfer teknologi khususnya terkait pengelolaan perikanan budidaya.



Simak Video "KKP Temukan Ribuan Kilogram Produk Ikan Impor Ilegal di Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT