Pengusaha Muda Dorong UMKM Tembus Pasar AS, Bagaimana Caranya?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 21 Mei 2022 14:00 WIB
Sona maesana hipmi
Foto: Dok, Istimewa
Jakarta -

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk go internasional. Ketua umum HIPMI DKI Jakarta Raya Sona Maesana mendorong pengusaha untum melebarkan sayap dan melakukan ekspor ke luar negeri.

Sona meminta pelaku bisnis agar memanfaatkan setiap kesempatan untuk menjajaki peluang usaha yang ada di luar negeri, termasuk Amerika. Apalagi menurutnya Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani merupakan senior HIPMI Jaya.

Menurut Sona perekonomian ke depan masih akan sulit sampai meredanya COVID-19. Untuk itu HIPMI Jaya senantiasa mengajak para anggota untuk bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi.

"UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional, dimana sebanyak 64,2 juta UMKM memiliki kontribusi terhadap PDB, investasi, dan ekspor," katanya dalam acara HIPMI International Business Forum, Mengantar UMKM Indonesia Menuju Pasar Amerika"dikutip Sabtu (21/5/2022).

Sona menuturkan sejak ia menjabat menjadi Ketua Umum HIPMI Jaya banyak program kerja yang telah dilaksanakan untuk mendorong UMKM mendunia. HIPMI Jaya mengadakan Launching HIPMI Trade Expo Indonesia 2021.

Pada acara tersebut Badan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya terus mendorong anggotanya agar bisa masuk pasar global di tengah pandemi COVID- 19.

Sona menyebut pihaknya menjadi wadah agar pengusaha anggota HIPMI Jaya bisa naik kelas, dari berbisnis di dalam negeri menjadi berorientasi ekspor. Sona mengatakan sudah ada anggota HIMPI yang menjajal untuk melakukan ekspor ke Vietnam.

Sebelumnya HIPMI Jaya bersama BPP HIPMI mengunjung Dubai Expo, HIPMI juga bekerja sama dengan diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri untuk menjajaki dan memasarkan produk-produk UMKM Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk bisa menjadi semangat dan membuka jalan para pengusaha muda yang ingin mulai merintis usahanya untuk bisa saling berkolaborasi. Sehingga produknya bisa mempunyai daya saing bukan hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga harus bisa go internasional.

Sona menuturkan jika HIPMI jaya berhasil melakukan pelepasan produk yang diekspor ke pasar global, yaitu pelepasan ekspor sabun batang sebanyak 2 kontainer 20 feet ke Dubai, Uni Emirat Arab senilai US$ 62.300. Ekspor ini dilakukan oleh PT Metro Impex Makmur milik anggota HIPMI Jaya, Bhavesh Nawani.

(ara/ara)