ADVERTISEMENT

Mengintip Kehidupan 'Kampung Starling' yang Nyempil di Tengah Ibu Kota

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 22 Mei 2022 16:01 WIB
Kampung Starling
Foto: Kampung Starling (Herdi Alif Al Hikam/detik)
Jakarta -

Selalu ada keunikan yang terjadi di tengah kota Jakarta. Siapa sangka, sebuah gang di sudut kawasan Kwitang, Jakarta Pusat ternyata menjadi rumah dari ratusan penjaja kopi keliling alias starling.

Tepatnya, kawasan ini terletak di Jalan Prapatan Baru, Kwitang. Tempat ini seringkali disebut-sebut sebagai 'Kampung Starling'. Kawasan ini tak sulit untuk ditemui. Dari penelusuran detikcom, letaknya diapit oleh Markas Komando (Mako) Marinir dan juga Hotel Aryaduta.

Bentuk kawasan ini sebetulnya seperti gang senggol di Jakarta pada umumnya. Di depan gang ada gapura bertuliskan, "Selamat Datang di Kawasan Pedagang Kopi Keliling". Karena bentuknya gang sempit, kawasan ini bagaikan nyempil di tengah kota Jakarta.

Kawasan ini memang benar-benar merupakan sentra penjaja kopi keliling. Di dalamnya terdapat deretan toko-toko semi agen yang bertindak sebagai penyetok dagangan kepada para penjaja kopi keliling.

Dari pantauan detikcom, hanya ada jalan akses selebar dua sepeda motor di kawasan ini. Di kanannya banyak berjejer rumah-rumah kontrakan dan kamar kos petak-petakan. Bangunan-bangunan itu bertingkat, ada yang tingkat dua dan tingkat empat. Terlihat juga jejeran toko-toko penyetok kopi kepada para penjaja kopi keliling.

Di sebelah kirinya, berjejer sepeda-sepeda para penjaja kopi keliling. Ada yang sepedanya masih kosong, ada juga yang sudah ditata rapih dengan renceng-rencengan kopi sachet dan siap dibawa berkeliling.

Beberapa orang juga nampak sibuk menata dan menyetok kopi-kopi sachet ke sepeda. Sementara itu, banyak juga sales berbagai merek kopi sachetan lalu lalang di dalam kampung ini.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT