Giliran JD.ID Susul Zenius CS Terpaksa PHK, Nasib Karyawannya Gimana?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 27 Mei 2022 18:00 WIB
Para pekerja pengemasan (picker) beradu cepat menyelesaikan order pemesanan belanja online (e-commerce) di JD.ID Warehouse, di Marunda, Jakut.
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Perusahaan rintisan atau startup ternama Indonesia, dari mulai Zenius hingga LinkAja tengah mendapat sorotan publik akibat tindak pemutusan hubungan kerja atau PHK besar-besaran yang dilakukan kepada para pegawainya. Seolah menyusul nama-nama startup tersebut, JD.ID dikabarkan turut serta melakukan tindakan serupa.

Director of General Management JD.ID Jenie Simon dalam tulisannya kepada awak media bahwa kabar tersebut adalah benar, namun ia tidak dapat menyebutkan berapa jumlah pegawai yang terdampak. Proses improvisasi tersebut telah dilakukan JD.ID terhitung pada bulan ini.

"Upaya improvisasi dan pengambilan keputusan ini dilakukan agar JD.ID dapat terus beradaptasi dan selaras dengan dinamika pasar dan tren industri di Indonesia," ujar Jenie dalam keterangannya, ditulis Jumat (27/05/2022).

Jenie menuliskan bahwa upaya improvisasi yang JD.ID tempuh tersebut antara lain adalah dengan melakukan peninjauan, penyesuaian, hingga inovasi atas strategi bisnis & usaha.

"JD.ID juga melakukan pengambilan keputusan seperti tindakan restrukturisasi, yang mana di dalam-nya terdapat juga pengurangan jumlah karyawan," ujar Jenie.

Di sisi lain, JD.ID juga tengah fokus pada pengoptimalan struktur ketenagakerjaan. Jenie menuliskan bahwa bagi JD.ID para karyawan adalah aset vital dari perusahaan dan bagian dari sebuah keluarga besar.

"Yang mana arti-nya JD.ID memiliki kewajiban untuk menjaga kesejahteraan para karyawan-nya, sekaligus mengembangkan potensi mereka untuk dapat memberikan kinerja yang lebih efektif dan optimal bagi perusahaan," kata Jenie.

Dengan pengambilan keputusan tersebut, Jenie menambahkan bahwa JD.ID akan patuh dan tunduk terhadap regulasi ketenagakerjaan sesuai dengan peraturan pemerintah, dan akan memperlakukan dan memberikan hak karyawan, sebagaimana diatur dalam regulasi tersebut.

Dalam keterangan tersebut, Jenie menambahkan bahwa JD.ID sebagai salah satu perusahaan e-commerce andalan konsumen Indonesia, senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan, melalui serangkaian upaya improvisasi dan pengambilan keputusan.

(dna/dna)