ADVERTISEMENT

Presiden Sri Lanka Angkat Orang Kaya Ini Jadi Menteri Investasi

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 26 Jun 2022 20:30 WIB
Dhammika Perera
Foto: Dhammika Perera (Forbes)
Jakarta -

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengangkat taipan Dhammika Perera sebagai Menteri Investasi pada Jumat (24/6). Negara yang dilanda krisis itu sedang berjuang mendapatkan devisa untuk mengimpor makanan, bahan bakar minyak (BBM) dan obat-obatan.

Dhammika Perera merupakan investor utama Sri Lanka yang memegang saham di puluhan perusahaan. Posisinya menggantikan saudara laki-laki Rajapaksa yang mengundurkan diri awal bulan ini.

"Dhammika Perera adalah pengusaha yang sangat sukses dan dia telah mengeluarkan beberapa proposal tentang bagaimana Sri Lanka dapat keluar dari krisis ini," kata Sekretaris Jenderal Partai Podujana Peramuna, Sagara Kariyawasam dikutip dari Reuters, Minggu (26/6/2022).

Dhammika Perera merupakan salah satu pengusaha terkaya di Sri Lanka yang memiliki investasi di perusahaan mencakup manufaktur, perbankan dan keuangan, rekreasi, perkebunan dan pembangkit listrik.

Sri Lanka berada di tengah-tengah krisis keuangan terburuk sejak merdeka pada 1948. Cadangan devisa telah turun ke rekor terendah sehingga tidak bisa membayar impor penting dan memicu protes dari warga selama berbulan-bulan.

Sri Lanka bertujuan menarik investasi US$ 1 miliar atau setara Rp 14,8 triliun (kurs Rp 14.800) meskipun krisis. Negara di Asia Selatan itu memiliki pipa proyek yang menguntungkan terutama dalam energi terbarukan.

Kementerian Investasi Sri Lanka akan mengawasi beberapa lembaga pemerintah utama termasuk dewan investasi Sri Lanka dan regulator industri IT, yang keduanya sebelumnya berada di bawah presiden.

(aid/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT