ADVERTISEMENT

Petani RI Ramai-ramai Jual Sawit ke Malaysia, Mendag Zulhas: Wajar Dong!

Aulia damayanti - detikFinance
Senin, 04 Jul 2022 17:04 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta -

Heboh petani ramai-ramai menjual tandan buah segar (TBS) ke Malaysia. Alasannya karena harga di dalam negeri tengah anjlok dan pasokan di pabrik kelapa sawit sudah penuh.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menilai hal itu wajar dilakukan oleh petani sawit. Ia juga mengatakan bahwa harga TBS di dalam negeri lebih murah dibandingkan Malaysia.

"Wajar dong (petani jual ke Malaysia) di sana harganya mahal Rp 4.500 per kilogram. Kita cuma Rp 1.000 sampai Rp 1.200/kg. Tentu itu karena ada kebijakan kemarin berdampak ke sana," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Senin (4/7/2022).

Penyebab anjloknya harga TBS disebut karena pasokan di pabrik kelapa sawit sudah terlalu banyak. Karena itu pengusaha sawit tidak bisa membeli TBS petani. Solusinya, Zulhas bilang ekspor CPO harus lancar.

Oleh sebab itu, Zulhas lebih lanjut mengatakan pihaknya tengah mempercepat ekspor untuk pengusaha sawit. Percepatan itu dengan cara menaikkan jatah ekspor pengusaha yang tadinya 1:5 menjadi 1:7.

Gampangnya, jika perusahaan sawit bisa memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri maka diperbolehkan untuk ekspor CPO. Sekarang jatah ekspor itu akan bertambah.

"Kita lakukan percepatan agar lancar lagi. Mudah-mudahan ini beberapa waktu ini lancar untuk mempercepat itu DMO 1:7. Jadi saya kira sudah semua kebijakan-kebijakan itu," tutupnya.

Sebagai informasi, Video pertama terlihat truk-truk berisi TBS mengantre, diduga suara petani mengatakan harga TBS di Malaysia lebih tinggi daripada di Indonesia Rp 5.000 per kilogram. Sementara di Indonesia hanya Rp 1.500-1.600/kg.

"Otw Malaysia, harga Rp 5.000/kg pusing kepala harga cuma Rp 1.600-1.500. Kita langsung ke Malaysia tak banyak cakap. Kita pusing.. ke Malaysia-lah," ujarnya dari video yang diunggah akun Instagram @majeliskopi08.

Sementara video kedua, terlihat TBS dibawa ke Malaysia melalui sungai dengan sampan atau perahu kayu. Tidak jelas di wilayah mana, petani dalam video mengatakan akan membawa 30 ton TBS ke Malaysia.

"Oke guys, mau bawa buah ke Malaysia, kita bawa 30 ton soalnya harga buah di Indonesia seperti kata kata Indra Kenz 'wah murah banget'" tuturnya.

Lihat juga video 'Zulhas Pamer Kemasan 'Minyakita', Diklaim Harga akan Sama se-Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT