ADVERTISEMENT

Erick Cari Investor Strategis buat Garuda, Kinerjanya Bisa Ngebut Lagi?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 07 Jul 2022 10:28 WIB
Maskapai Garuda Indonesia
Foto: Syanti/detikcom
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan, setelah selesai berjibaku dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Garuda bersiap untuk kembali terbang tinggi. Sejalan dengan itu, Garuda bakal mencari suntikan modal baru dari investor.

Erick bahkan sempat memboyong Bos Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra saat bertemu petinggi maskapai Uni Emirat Arab (UEA), Emirates dan Etihad beberapa waktu lalu.

Sekretaris Eksekutif Pusat Studi Perdagangan Dunia, Universitas Gadjah Mada, Maharani Hapsari menilai langkah Menteri Erick Thohir dan management untuk mencari investor strategis bagi Garuda Indonesia merupakan langkah strategis dan perlu didukung.

Mencari investor strategis merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembenahan struktural yang tengah dilakukan Menteri Erick di Garuda.

Menurut Maharani, mencari investor strategis merupakan kebijakan adhock yang tengah digulirkan Menteri Erick. Ini merupakan bagian dari grand design pembenahan secara komprehensif yang merupakan bagian tak terpisahkan dari transformasi industri aviasi Garuda.

Dalam hal ini Pemerintah harus mengetahui secara presisi rantai pasok dari hulu hingga hilir industri penerbangan Nasional. Sehingga Pemerintah bisa mengetahui keunggulan apa saja yang dimiliki Garuda dan bagaimana cara untuk memanfaatkan keunggulan tersebut.

"Sehingga ketika rantai pasok industri penerbangan Nasional bisa dipetakan, maka kehadiran investor strategis ini bisa menjadi pendorong yang sangat efektif untuk dapat menggembangkan Garuda," kata Maharani.

Selain mendatangkan kapital yang sangat besar, kehadiran investor strategis di Garuda diharapkan Maharani mampu mewujudkan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi aviasi dunia.

Sebab untuk menggembangkan Garuda di masa mendatang tak hanya dibutuhkan financial capital. Tetapi juga dibutuhkan peningkatan human capital di sektor aviasi. Selain itu kehadiran investor strategis juga diharapkan meningkatkan jumlah penumpang dan cargo di Garuda.

"Semua masyarakat Indonesia termasuk Menteri Erick Thohir ingin agar Garuda bisa menjadi pemain utama di industri aviasi Nasional maupun global. Menteri Erick harus bisa memilih dan memilah calon investor strategis tersebut. Mereka harus memiliki visi jangka panjang untuk menggembangkan industri aviasi. Sehingga kehadiran investor strategis ini tak membuat masyarakat Indonesia hanya sebagai objek. Tetapi menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan transformasi industri aviasi Nasional dan global,"ungkap Maharani.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT