ADVERTISEMENT

Singapura Paling Gede Investasi di RI, Bahlil: Saya Nggak Yakin Ini Uang Dia

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 20 Jul 2022 13:26 WIB
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia/Foto: Sekretariat Kabinet
Jakarta -

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mempublikasikan data realisasi investasi sepanjang periode April-Juni atau triwulan II-2022. Berdasarkan data BKPM, Singapura menjadi negara dengan total investasi terbesar di Indonesia.

Pada triwulan II-2022, realisasi investasi Singapura di Indonesia mencapai US$ 3,1 miliar. Namun Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ragu soal sumber dana investasi Singapura.

"Saya nggak yakin ini uangnya Singapura. Ini Singapura ini mungkin sebagian besar mungkin uang orang Indonesia nih," ujar Bahlil di Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (20/7/2022).

Bahlil menyatakan, dirinya sedang mencari cara untuk mendeteksi uang masyarakat Indonesia di Singapura. "Yang jelas uang saya udah nggak di sana. Dulu waktu masih pengusaha ada, sekarang nggak," ucap Bahlil yang langsung disambut riuh tawa di dalam ruangan.

Menurut Bahlil, capaian Singapura melebihi total investasinya pada 2021. Bahlil pun mengaku sempat kaget karena pada 2021, realisasi investasi Singapura paling tinggi mencapai US$ 5 miliar.

Posisi kedua diisi oleh China dengan total investasi US$ 2,3 miliar, kemudian posisi selanjutnya diisi Hong Kong dengan realisasi investasi US$ 1,4 miliar. Selanjutnya ada Jepang berada di posisi keempat dengan investasi US$ 0,9 miliar, menggeser tempat yang sebelumnya diisi Korea Selatan, dan Amerika Serikat (AS) di posisi kelima US$ 0,8, dan selalu konsisten masuk jajaran lima besar.

Pada triwulan II-2022, terdapat dua negara Eropa yang masuk jajaran 10 besar, yaitu Belanda dan Inggris. Bahlil mengatakan capaian ini banyak ditunjang oleh realisasi aktivitas hilirisasi tambang dan industri petrokimia yang saat ini mulai memasuki tahap konstruksi.

10 Negara Terbanyak Investasi di Indonesia:

1. Singapura US$ 3,1 miliar
2. China US$ 2,3 miliar
3. Hong Kong US$ 1,4 miliar
4. Jepang US$ 0,9 miliar
5. Amerika Serikat (AS) US$ 0,8 miliar
6. Malaysia US$ 707,3 juta
7. Belanda US$ 486,1 juta
8. Korea Selatan US$ 451 juta
9. Bermuda US$ 362,8 juta
10. Inggris US$ 154,8 juta

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT