Aksi Bjorka cs Bikin Resah, Data Wajib Pajak Aman Nggak Sih?

ADVERTISEMENT

Aksi Bjorka cs Bikin Resah, Data Wajib Pajak Aman Nggak Sih?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 04 Okt 2022 16:42 WIB
Gedung Kementrian Keuangan dan Direktorat Jendral Pajak. File/detikFoto.
Kantor Pusat DJP/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Aksi pembobolan data tengah menjadi pembahasan yang hangat. Hal itu tak lain karena adanya aksi hacker Bjorka. Bagaimana data wajib pajak?

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suryo Utomo mengatakan pihaknya terus berupaya menjaga data tersebut. Kemudian, terus menerapkan protokol keamanan data sebaik mungkin.

"Jadi alhamdulillah dan kami terus mencoba jagain. Saya tidak akan jemawa untuk mengatakan sesuatu tapi kami berusaha jagain," katanya di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022).

"Protokol pengamanan data terus kami lakukan sebaik mungkin, karena namanya orang yang meretas dia menggunakan berbagai macam ilmu," sambungnya.

Suryo menuturkan, sampai hari ini data wajib pajak masih aman. Kembali, pihaknya berupaya memberikan perlindungan data secara maksimal.

"Alhamdulillah sampai hari ini masih aman, dan harapan ke depan insyaallah tetap aman. Saya bukan bermaksud apa-apa, nggak, so far kami mencoba memperoteksi semaksimal mungkin data yang disampaikan oleh wajib pajak yang disimpan di Direktorat Jenderal Pajak," jelasnya.

Tambah Suryo, pihaknya bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan institusi lain untuk mengamankan data.

"Kami kerja sama dengan BSSN untuk pengamanan dan institusi-institusi negara yang memang memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengamanan data secara menyeluruh," ujarnya.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT