Sail Tidore Pertegas Kuatnya Ekonomi Indonesia Timur

ADVERTISEMENT

Sail Tidore Pertegas Kuatnya Ekonomi Indonesia Timur

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Sabtu, 26 Nov 2022 17:41 WIB
Sail Tidore 2022
Foto: Dok. Kementerian Perdagangan
Tidore -

Puncak acara Sail Tidore 2022 menjadi pembuktian kemandirian dan ketahanan ekonomi Indonesia Timur. Perayaan puncak acara Sail Tidore yang begitu meriah berhasil dilaksanakan dengan sukses meski di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan, rangkaian program dan kegiatan Sail Tidore 2022 telah mengangkat potensi wisata, seni, budaya, produk unggulan, dan investasi baik dari Tidore maupun seluruh Indonesia. Khusus untuk Tidore, pesona kekayaan pulau penghasil utama cengkih di Indonesia ini diharapkan semakin memberi daya tarik.

"Dengan berbagai kegiatan yang telah kami laporkan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya menjaga perekonomian di Indonesia bagian Timur ini tetap stabil," kata Zulhas di Tidore, Sabtu (26/11/2022).

Mengacu pada data BPS kuartal II 2022, pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia saat ini tercatat di Kawasan Timur Indonesia. Dengan capaian ekonomi yang tumbuh di angka 27,74% (yoy), pertumbuhan ekonomi Maluku Utara jauh mengungguli capaian Papua yang ada di angka 14,38%.

Salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara adalah melesatnya pertumbuhan sektor industri pengolahan, transportasi dan pergudangan hingga pertambangan dan penggalian.

Acara Puncak Sail Tidore dihadiri oleh sekitar 1.100 undangan, termasuk kepala lembaga dan sejumlah duta besar negara sahabat. Masyarakat begitu antusias datang ke Tidore dan memenuhi lokasi acara.

Zulhas menyatakan perhelatan akbar di pusat destinasi warisan dunia ini diharapkan bisa semakin mendukung promosi potensi ekonomi daerah, mengangkat potensi wisata, produk-produk unggulan, hingga investasi dunia ke Tidore.

"Gempita Sail Tidore 2022 kita rayakan untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi serta mempromosikan potensi Tidore kepada investor dan wisatawan dunia." kata Zulhas.

Hal senada disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut bilang, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara yang tinggi jadi pembuktian ketahanan ekonomi Indonesia.

"Kita bangga dengan itu semua. Kalau kita satu, kompak, tidak terpecah, kita akan maju. Kalau kita gontok-gontokan itu tidak akan terjadi," kata Luhut.

Luhut juga meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan pemerintah daerah untuk terus memaksimalkan potensi Tidore pascapenyelenggaraan Sail Tidore 2022.

"Secara khusus saya ingin meminta kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi pariwisata Tidore di masa depan. Banyak sekali harta karun yang tersembunyi di sini, tapi harus kita kelola dengan arif," kata Luhut.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT