Baru IPO, Bagaimana Prospek Bisnis RUNS?

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 18 Sep 2021 12:56 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Perusahaan yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk resmi mencatatkan sahamnya di papan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (08/09/2021). Perusahaan yang sahamnya diperdagangkan dengan kode saham RUNS itu jadi emiten ke 33 di tahun 2021 yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Setelah resmi mencatatkan saham, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana prospek bisnisnya di masa depan?

Praktisi asekaligus Akademisi pasar modal dari Perbanas, Embun Purwanta mengatakan, sebagai perusahaan teknologi, edukasi kepada investor terkait jenis bisnis yang dilakoni perusahaan memang jadi tantangan tersendiri.

"RUNS ini kalau kita mau valuasi, apa sih ekspektasi kita? Harapan kita ke depan kalau kita bicara soal investor kalau beli startup itu kan investor nannya simple ya, bisa nggak jadi unicorn? Prospeknya bagaimana ke depan?" kata Embun dalam Webinar yang digelar CSA Institute, Jumat (17/9/2021).

Meski demikian ia menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang penyedia solusi software Enterprise Resource Planning (ERP) yang terintegrasi, RUNS punya prospek bisnis yang cukup cemerlang.

Bagaimana tidak, saat ini banyak perusahaan di berbagai skala bisnis membutuhkan upaya transformasi ke manajemen bisnis berbasis digital yang lebih efisien. Maklum saja, di tengah maraknya pembatasan yang diberlakukan pemerintah sebagai upaya menanggulangi pandemi virus Corona, digitalisasi bisnis menjadi hal yang wajib dilakukan para pelaku usaha bila tak ingin tenggelam ditinggal konsumennya.

"Kalau saya perhatikan kan dia (RUNS) ini bangun satu system ya. Dimana banyak perusahaan yang membutuhkan efisiensi efektifitas untuk bisnis proses," jelas dia.

Menariknya, di Indonesia belum banyak perusahaan yang menggeluti segmen bisnis penyedia solusi software Enterprise Resource Planning (ERP). Dengan demikian, lanjut Embun, keberadaan RUNS bisa sekaligus mengedukasi pelaku usaha lain yang cenderung awam pada model bisnis ERP ini.

Bagaimana ulasan selanjutnya. Simak ulasan lebih lengkap di halaman berikutnya?