Raksasa di Asia Tenggara! PLTU Mulut Tambang Sumsel Dikebut

Nurcholis Maarif - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 15:09 WIB
PLTU Mulut Tambang
Foto: dok. Sunandi Mimo/20detik

Jhony mengungkapkan pembangunan PLTU Sumsel 8 ini sejalan dengan potensi kebutuhan listrik kawasan industri yang ada di Sumatera bagian utara. Sehingga dari segi infrastruktur listrik, PLTU Sumsel 8 yang ada di Sumatera Selatan siap mendukung pembangunan kawasan industri yang ada di Pulau Sumatera.

Ia menceritakan dulu pilihannya mau membangun PLTU di Sumatera bagian utara, lalu sumber energi berupa batu baranya diangkut dari selatan. Namun hal itu dinilai tidak efektif dibanding sekarang dibangun PLTU di selatan, sementara listriknya ditransmisikan ke Sumatera bagian Utara.

Jhony juga menunjukkan gambar drone beberapa rangkaian sutet sebagai jaringan transmisi listrik dari PLTU ini menuju pembangkit milik PLN. Terlihat beberapa sutet sudah berdiri dan hanya beberapa lagi seolah sudah siap menyalurkan listrik.

"Kita berusaha melalui PLN dan pemerintah untuk penggunaan listrik arah utara karena potensinya di sana besar. Targetnya ke KEK yang ada di seluruh Sumatera," ujarnya.

"Harapan kami beban kami dapat disalurkan ke Sumatera Utara karena Sumatera Utara memiliki beban yang sangat besar dan kami siap untuk mendukung industri dan pembangunan ekonomi nasional khususnya di Pulau Sumatera," pungkasnya.

Sebagai informasi, detikcom bersama MIND ID mengadakan program Jelajah Tambang berisi ekspedisi ke daerah pertambangan Indonesia. detikcom menyambangi kota-kota industri tambang di Indonesia untuk memotret secara lengkap bagaimana kehidupan masyarakat dan daerah penghasil mineral serta bagaimana pengolahannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di https://jelajahtambang.detik.com/


(prf/hns)