Ada Gangguan Listrik di Rumah? Begini Cara Lapor Lewat PLN Mobile

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 12:38 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Gangguan kelistrikan bisa terjadi kapan saja. Guna menangani hal ini, PT PLN (Persero) menghadirkan layanan pengaduan melalui PLN Mobile.

Perlu diketahui, kewenangan PLN terkait kelistrikan hanyalah hingga ke meteran pelanggan. Sementara untuk instalasi di dalam rumah merupakan kewenangan dan tanggung jawab pelanggan

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menjelaskan melalui pembaruan fitur pada PLN Mobile, kini aplikasi tersebut menyajikan layanan perbaikan instalasi listrik melalui fitur ListriQu.

Dengan demikian pelanggan bisa mendapatkan fasilitas jasa perbaikan instalasi listrik dengan mudah. Tak hanya itu, melalui fitur ListriQu juga para pelanggan bahkan bisa langsung membeli komponen instalasi listrik.

"Jika pelanggan ada persoalan instalasi listrik pelanggan tak perlu repot repot mencari tukang listrik lagi. PLN menyediakan langsung para teknisi yang tentunya sudah terlatih dan terjamin kualitasnya untuk menjawab kebutuhan instalasi masyarakat," ujar Agung keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Dirinya menambahkan, fitur ListriQu pada PLN Mobile sudah terintegrasi dengan sistem PLN sehingga jika ada order yang masuk, sistem akan secara otomatis meneruskan order tersebut ke kantor unit PLN terdekat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama.

Sistem transaksi juga bisa dilakukan dalam satu genggaman. Pengguna PLN Mobile diberikan pilihan beberapa metode pembayaran saat mengakses layanan.

"Kami juga memberikan opsi pembayaran bagi pelanggan terutama di saat pandemi yang mengedepankan transaksi cashless. Jadi semua pembayaran bisa dilakukan melalui sistem transaksi yang sudah tersedia di PLN Mobile," jelas Agung.

Berlanjut ke halaman berikutnya.