Dianggap Bukan Bestie, Rusia Setop Pasok Gas ke Polandia dan Bulgaria

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 27 Apr 2022 08:34 WIB
Ilustrasi sektor migas
Foto: Ilustrasi Migas (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)

Polandia juga memiliki sumber pasokan alternatif, termasuk terminal gas alam cair (LNG) di Swinoujscie. Pada 1 Mei, sambungan pipa gas baru dengan Lituania juga akan dibuka yang akan memberikan Polandia akses gas dari terminal LNG Lituania.

Kemudian, pipa baru yang mengirimkan gas dari Norwegia, yang dikenal sebagai "Pipa Baltik" mulai beroperasi pada bulan Oktober. Ini akan mencapai kapasitas penuh pada akhir tahun dan dapat menggantikan semua pengiriman Rusia.

Sementara itu, Bulgaria saat ini menggantungkan 90% pasokan gasnya dari Rusia. Mereka mengatakan telah mengambil langkah-langkah untuk menemukan sumber alternatif. Pemerintah Bulgaria juga belum mengumumkan apakah akan ada pembatasan konsumsi gas saat ini atau tidak.

Kementerian energi negara itu mengatakan Bulgaria telah memenuhi kewajibannya berdasarkan kontrak saat ini dengan Gazprom dan melakukan semua pembayaran yang diperlukan. Kementerian menambahkan sistem pembayaran baru yang diusulkan oleh Rusia dengan mata uang Rubel melanggar kontrak yang ada.



Simak Video "Uni Eropa Teken Kerjasama Suplai Gas dengan Israel dan Mesir"
[Gambas:Video 20detik]

(hal/das)