OVO Setop Paylater, Ini Bedanya dengan Kartu Kredit

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 22 Sep 2020 06:30 WIB
ovo
Foto: Rachmatunnisa/detikINET
Jakarta -

Dua perusahaan dompet digital mulai memperketat layanan paylater-nya dengan alasan pandemi. Bahkan ada yang menghentikan sementara fitur itu di salah satu e-commerce.

Padahal layanan paylater ini sebelum pandemi semakin ngetren. Hampir semua perusahaan dompet digital mengembangkan layanan ini. Para dompet digital mulai mengeluarkan fitur paylater ini rata-rata pada 2019 lalu, mulai dari OVO, Traveloka, Gopay, hingga Shopee.

Namun kini para dompet digital itu mulai memperketat layanan paylater-nya. Menurut penelusuran detikcom ada dua dompet digital yang melakukan hal itu yakni OVO dan Shopee.

Untuk Shopee sendiri melakukan penyesuaian layanan paylater-nya dengan cara menurunkan limit kredit. Salah satu pengguna Shopee yang enggan disebutkan namanya tiba-tiba kaget, limit akun Shopee paylater-nya biasanya mencapai Rp 2 juta tiba-tiba hanya tinggal Rp 180 ribu.

Ketika dikonfirmasi ke customer service Shopee, ternyata turunnya limit itu bukan karena sudah digunakan melainkan karena pihak Shopee menurunkan limitnya. Tak hanya itu, limit Rp 180 ribu itu juga tidak bisa digunakan sebelum dia melunasi cicilan sebelumnya.

Pihak Shopee beralasan penyesuaian limit paylater tersebut dilakukan juga untuk memastikan layanan itu tetap bisa tersedia selama masa pandemi COVID-19. Namun di saat yang sama Shopee juga mengeluarkan layanan Shopee Pinjam. Layanan ini bedanya dengan paylater bisa pinjaman tunai dan masuk ke rekening pengguna.

Sedangkan OVO diketahui telah membekukan sementara waktu layanan paylater-nya di Tokopedia. Menurut info umum di aplikasi Tokopedia diinformasikan bahwa hal itu dilakukan karena pandemi.

"Hal ini dikarenakan adanya pandemi virus corona yang membuat perekonomian di Indonesia menjadi menurun. Namun, jangan khawatir kami akan tetap berusaha memaksimalkan pelayanan kami untuk seluruh pelanggan setia Tokopedia," bunyi pengumuman tersebut.

Lanjut ke halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3