ADVERTISEMENT

Apa Harapan Kripto 'Made in Indonesia' ke Pemerintah?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 04 Nov 2021 13:08 WIB
Jakarta -

Perkembangan industri kripto di tanah air begitu luar biasa. Bahkan kini marak muncul token atau koin kripto buatan asli orang Indonesia. Salah satnya adalah token kripto Indonesia Digital Cooperatives (IDM Co-op).

CEO IDM Co-op MC Basyar berharap stakeholder dari industri kripto tanah air bisa berpihak pada koin lokal.

"Jadi kalau dari aku si harapannya bagaimana keberpihakan terhadap koin lokal itu benar-benar ada," ucapnya dalam acara d'Mentor.

Basyar menerangkan, secara sederhana IDM memang menargetkan bisa berkembang secara global dan ujungnya bisa membiayai super apps.

Namun untuk saat ini pihaknya akan lebih fokus bagaimana token IDM bisa diterima di negeri sendiri. Tujuannya agar uang yang berputar di aset kripto lokal ini tetap ada di dalam Indonesia.

"Ini mengenai permintaan banyaknya komunitas, ayo dong produk lokal ini dibelinya di lokal dulu sebelum ke luar. Supaya uangnya orang Indonesia ada di dalam Indonesia. Bahkan uangnya asing adanya di Indonesia," tuturnya.

Basyar mengaku, IDM sudah mendapatkan beberapa penawaran dari platform trading atau exchange kripto global seperti Hotbit dan Coinsbit. Bahkan IDM sudah lolo audit dari CertiK yang merupakan auditor ternama global untuk menguji smart contract dari token atau koin kripto.

"Tapi aku tetap tunggu, aku berharap ada keberpihakan dari exchanger di Indonesia untuk cobalah produk-produk lokal ini dilihat, diperhatikan, karena biar bagaimanapun developer jatuhnya produsen," tegasnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT