Ajaib Terapkan Protokol FIX5.0 Sesuai Arahan BEI

Dea Duta Aulia - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 11:20 WIB
Aplikasi Ajaib
Foto: dok. Ajaib
Jakarta -

Ajaib mengimplementasikan Jakarta Automated Trading System (JAT) FIX5.0 yang dikeluarkan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan peluang volume perdagangan di pasar modal.

"Kami turut mendukung kebijakan BEI untuk mengimplementasikan protokol FIX5.0. Sudah saatnya kita beralih untuk meningkatkan sistem sehingga dapat mempermudah investor dalam bertransaksi dan meningkatkan volume perdagangan," kata Direktur Utama Ajaib Sekuritas, Anna Lora dalam keterangan tertulis, Kamis (30/12/2021).

Anna menjelaskan, melalui kebijakan tersebut maka Ajaib akan menarik lebih banyak investor khususnya bagi generasi muda untuk masuk ke pasar modal Indonesia.

"Selain itu, kami pun yakin adanya kebijakan ini dapat meningkatkan antusiasme para investor khususnya investor ritel generasi muda Indonesia untuk berinvestasi dan memajukan pasar modal Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Direktur IT & Manajemen Risiko Bursa Efek Indonesia, Fithri Hadi mengatakan, saat ini peningkatan jumlah transaksi harian bursa terus mengalami peningkatan. Hal itu terjadi karena investor baru dari kalangan generasi muda terus tumbuh dan tertarik untuk masuk ke pasar modal. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, bursa harus melakukan peningkatan teknologi yang mampu menghadirkan transaksi menjadi lebih cepat dan efisien.

"Saat ini seiring dengan semakin banyaknya jumlah transaksi harian bursa dari pertumbuhan investor ritel baru yang merupakan digital savvy investor, maka bursa melakukan peningkatan teknologi API dengan protokol streaming data terbaru FIX5.0 yang menyajikan streaming transaksi yang lebih cepat dan kapasitas transaksi harian yang lebih besar," kata Fithri.

Dalam proses migrasinya, setiap Anggota Bursa akan difasilitasi dalam bentuk awareness, penyediaan API, konseling dan mock trading agar target implementasi dapat tercapai. Ditargetkan pada Juni 2022 mendatang semua Anggota Bursa dapat bermigrasi ke kebijakan terbaru dari BEI.

"Ajaib merupakan salah satu Anggota Bursa yang paling awal menyelesaikan migrasi ke protokol FIX5.0. Program ini melengkapi program digitalisasi lainnya yaitu pembukaan rekening online melalui internet yang telah marak digunakan investor ritel Indonesia dimanapun berada," ujar Fithri.

Fithri menjelaskan, dengan diterapkan kebijakan FIX5.0 maka akan meningkatkan kapasitas order dan transaksi mencapai hingga 15 juta order dan 7,5 juta transaksi/hari.

"Dengan diterapkannya FIX5.0, sistem JATS NextG BEI juga akan memiliki peningkatan kapasitas order dan transaksi dari semula 5 juta order dan 2,5 juta transaksi per hari menjadi 15 juta order dan 7,5 juta transaksi per hari," pungkas Fithri.



Simak Video "Jokowi Tinjau Vaksinasi Pelaku Perbankan-Pasar Modal di BEI"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ang)