8 Peluang Cuan di Dunia Metaverse, Bisa Dicoba!

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 15:14 WIB
Membeli Tanah Virtual di Metaverse
Metaverse/Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Istilah dunia virtual, Metaverse semakin booming. Sebab dengan kemajuan teknologi itu kita bisa membuat, membeli dan menjual barang virtual.

Salah satunya yang tengah booming, yakni NFT atau singkatan dari Non-fungible Token. NFT merupakan sertifikat digital yang bisa menjual karya seni virtual.

Melalui dunia metaverse, bukan lagi memasuki era transaksi digital saja, tapi era dimana sebuah karya digital yang dapat ditransaksikan telah dianggap memiliki nilai value yang tinggi.

Berikut ini peluang cuan dari dunia Metaverse:

1. NFT Art

Banyak orang yang memanfaatkan NFT untuk menjual karya seninya. Peluangnya bisa jutaan dolar. Konsep menjual karya seni berbentuk NFT ini seperti membuat galeri virtual di dalam metaverse.

Setelah mungkin didaftarkan dan terhubung dengan dompet digital, tinggal menunggu orang yang mau membeli atau menawarkan karya seni tersebut

Mengutip dari Wallet Squirrel, Jumat (14/1/2022) ada karya seni bernama Bored Ape NFT yang dijual sekitar US$ 50 atau setara Rp 715.000 (kurs Rp 14.300). Dalam setahun bisa menghasilkan US$ 18 juta.

2. Voxel

Voxel ini sebuah karya digital 3 dimensi (3D). Biasanya voxel ini ada di video games, yang bisa dibentuk menjadi bangunan, pakaian, mobil dan item lainnya di mateverse. Nah bentuk-bentuk itu bisa dijual di dunia mateverse, misalnya dalam bentuk NFT.

3. Konstruksi

Konstruksi tidak hanya dalam bentuk fisik saja, tetapi juga ada bentuk digitalnya. Nah bentuk digital ini bisa dijual secara virtual di metaverse.

Salah satu contohnya yakni perusahaan Voxel Architects yang menjual konstruksi virtual. Perusahaan disebut bisa meraup US$ 300.000 setara Rp 4,2 miliar.

4. Real Estate

Di dunia metaverse, kini bermunculan perusahaan real estat virtual. Konsepnya perusahaan membantu masyarakat untuk mendapatkan tanah virtual untuk dibeli. Biasanya dari sanalah perusahaan mendapatkan komisi.

5. Iklan

Seperti di dunia nyata, kita juga bisa membuat platform periklanan di dunia mateverse. Layaknya iklan pada umumnya, iklan di metaverse tetap menawarkan sebuah produk dari perusahaan.

Misal yang sekarang dilakukan oleh brand sepatu ternama Nike. Perusahaan tengah menggenjot periklanan virtual di dunia metaverse.

6. Games

Games juga bisa menjadi gudang uang di dunia metaverse. Salah satu contohnya, dalam sebuah games, Sandbox. Nah Sandbox adalah game online metaverse yang menawarkan token kripto SAND dan NFT.

Jadi, pengguna yang bisa membangun sebuah kota, lingkungan, hingga membuat avatar sendiri. Dengan item-item tersebut, pengguna bisa menjualnya dalam bentuk NFT.

7. Karaoke

Dunia digital makin canggih, karaoke pun bisa dilakukan secara virtual. Kita juga bisa membangun bar karaoke sendiri. Selain itu, dalam dunia metaverse kita juga bisa menjual musik menjadi NFT.

8. Pakaian

Pakaian virtual bisa menjadi peluang usaha di metaverse. Biasanya pakaian digunakan untuk avatar pengguna agar lebih nyaman dan mirip dengan gaya seseorang.

Konsep ini biasanya ada di sebuah games, yang menghadirkan avatar diri sendiri. Nah tentunya avatar itu memerlukan pakaian dan aksesoris lainnya layaknya manusia pada umumnya. Itulah peluang di dunia metaverse.

(fdl/fdl)