ADVERTISEMENT

5 Tips buat Pemain Saham Pemula agar Bisa Merdeka Finansial

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 15:24 WIB
Investasi di Ajaib
Foto: Ajaib Sekuritas
Jakarta -

Pada 17 Agustus 2022 Republik Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-77. Banyak cara untuk memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa.

Perjuangan bangsa Indonesia sejatinya masih terus berlanjut. Misalnya, para anak muda Indonesia saat ini masih terus berjuang dengan berbagai cara. Salah satunya #PejuangInvestasi untuk mencapai kemerdekaan finansial.

Investasi saham merupakan salah satu cara untuk meraih kemerdekaan finansial. Banyak anak muda Indonesia ingin memulai investasi saham agar dapat meraih kemerdekaan finansial. Namun, banyak pula yang khawatir untuk berinvestasi saham karena menganggapnya cukup rumit bagi orang awam dan tidak paham bagaimana cara untuk memulainya.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Yazid Muamar menjelaskan zaman sekarang membuka akun rekening di sekuritas untuk memulai transaksi saham sangat mudah. Calon investor cukup mendaftar di perusahaan sekuritas yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satunya adalah Ajaib Sekuritas yang menawarkan registrasi akun 100% online yang mudah dan cepat di dalam aplikasi Ajaib. Dalam hitungan menit, akun bisa aktif dan dapat digunakan untuk investasi saham.

Yazid pun memberikan beberapa tips bagi anak muda yang ingin memulai investasi saham. Berikut ulasannya.

1. Pastikan Biaya Hidup dan Dana Darurat Aman

Sebelum memulai investasi saham, pastikan biaya hidupmu sudah tersedia dan memiliki dana darurat yang cukup. Jangan melakukan investasi saham dengan dana darurat, apalagi dengan menggunakan dana pinjaman.

Kamu bisa membuat anggaran keuangan untuk melihat pengeluaran per bulan. Ini juga merupakan rutinitas yang dapat memperkuat tujuan kamu untuk merdeka finansial dan memperkuat tekad terhadap godaan untuk berbelanja secara berlebihan. Anggaran keuangan yang jelas juga mempermudah kamu untuk memperkirakan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai merdeka finansial.

2. Pahami Keuntungan dan Risiko Investasi

Jika kamu ingin memilih saham sebagai instrumen investasi, pelajari terlebih dahulu keuntungan dan risiko yang mungkin diterima. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai saham ini di banyak media, namun tetap perhatikan kredibilitas sumber yang dijadikan acuan.

Jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang dengan latar belakang pendidikan ekonomi dan orang-orang yang memang sudah lama terjun ke dunia saham. Pengalaman dari para ahli dan mereka yang berpengalaman akan memberikan kamu gambaran bagaimana berinvestasi saham yang baik. Jika sudah memahami dasar dan tata cara investasi saham yang efektif, maka kamu pun akan lebih mudah mendapatkan keuntungan.

Kamu harus memahami, jika ingin mendapatkan keuntungan tinggi, maka akan ada risiko besar juga yang mungkin akan diterima. Jadi, jika kamu tidak percaya diri mengambil saham dengan risiko tinggi, pilihlah saham perusahaan yang memiliki track record baik dan dikenal masyarakat luas.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT