Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 11:03 WIB

Genjot Ekspor, Jokowi Siapkan Kawasan Khusus Industri Tekstil

Trio Hamdani - detikFinance
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Andhika Prasetya/detikcom Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan wacana untuk membangun kawasan khusus untuk industri tekstil. Jokowi mengistilahkannya dengan apparel park.

Rencana tersebut dia sampaikan saat menerima pengurus Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan Asosiasi Produsen Serat Sintesis dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI) di Istana Merdeka, Jakarta.

"Mengenai investasi yang dulu dibicarakan karena kita sudah mulai siapkan satu, sebuah kawasan atau yang dulu ingin dibangun adalah apparel park atau sebuah kawasan untuk dari mulai bahan baku sampai nanti industri semuanya berada di satu tempat," katanya, Kamis (21/11/2019).


Berikutnya, yang juga segera ditindaklanjuti oleh pemerintah, kata Jokowi adalah menaikkan nilai maupun kuantitas ekspor, yang mana itu juga dikontribusikan oleh tekstil.

"Saya kira dua hal itu yang mungkin kita ingin tindaklanjuti hari ini," sebutnya.


Jokowi juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk meninjau pusat logistik berikat.

"Termasuk juga nanti Bu Menkeu berkaitan pusat logistik berikat di mana ternyata di situ banyak masuk barang-barang yang diproduksi oleh industri tekstil kita yang menjadi pesaing berat pada saat dijual di pasar. Tiga hal itu saya kira," jelasnya.

Jokowi menambahkan, pertemuan dengan asosiasi pengusaha di bidang tekstil merupakan tindak lanjut dari pertemuan di bulan September. Jokowi berharap dengan kabinet baru, pihaknya bisa menyambung apa yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Simak Video "Pemerintah Siapkan Kawasan Industri Tekstil di Jawa Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com