Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Des 2019 12:45 WIB

Mau Jadi 'Raja' Mobil Listrik, RI Gandeng Perusahaan Korsel

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Zaki Alfarabi Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta - Indonesia menargetkan bisa menjadi pemain utama alias raja di industri kendaraan listrik. Untuk mencapai target tersebut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku telah menawarkan pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia kepada dua perusahaan besar asal Korea Selatan.

Ia menyebut, 2 perusahaan asal Korea berminat untuk mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia, yaitu LG dan Lotte. Kedua perusahaan asal Negeri Ginseng itu mendapat penawaran untuk melakukan riset terlebih dahulu khususnya pada jenis motor listrik dari pemerintah Indonesia.

"Intinya gini, kami kan untuk electric vehicle, motor khususnya kami sudah lakukan uji coba di Bandung dan di Bali. Nah ini kami tawarkan kepada Lotte atau LG agar mereka melakukan uji coba," kata Agus dk Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (10/12/2019).


Menurutnya perusahaan Korsel tersebut tertarik untuk mulai melakukan uji coba pada kendaraan listrik di Indonesia.

"Mereka sangat tertarik dengan itu, dengan tawaran atau usulan dari kami untuk mereka membuka atau memulai uji coba," jelasnya.


Mereka akan melakukan uji coba di Surabaya terlebih dahulu. Sementara pemerintah menilai ada sejumlah market yang bisa dimasuki.

"Di Surabaya, dan daerah-daerah lain bisa kita buka misalnya Medan atau lain sebagainya untuk industri memulai melakukan studi ya di market-market tertentu," tambahnya.



Simak Video "Masih Terbatas, Mitra Terbaik Bisa Kemudikan Kendaraan Listrik Grab"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com