Kemudikan Tank Berbasis Simulator, Wamendag Singgung Ekspor

Wisma Putra - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 18:45 WIB
Wamendag Kemudikan Tank Berbasis Simulator di Bandung
Wamendag Jerry Sambuaga/Foto: Wisma Putra/detikcom

Bisa Buka Pasar Ekspor

Kementerian Perdagangan berencana mengekspor produk simulator buatan anak negeri yang diproduksi PT Alam Virtual Semesta (AVS).

"Kita mendorong untuk ekspor, karena salah satu tujuan Kementerian Perdagangan itu mengembangkan ekspor nasional. Kita melihat, ini sangat potensial untuk dijadikan produk unggulan untuk diekspor," kata Jerry.

Jerry mengungkapkan, produk simulator yang diproduksi PT AVS bisa berkompetisi dengan produk simulator buatan luar negeri.

"Yang bergerak di bidang simulator ini tidak banyak dan AVS ini salah satu potensial kami dorong untuk berkompetisi ditingkat global," ungkapnya.

Saat disinggung, rencana ekspor produk simulator ini, Jerry berujar, akan diekspor ke sejumlah negara.

"Rencana kami lihat potensi dan kebutuhan (pasar), akan diidentifikasi oleh rekan-rekan kita, kita bisa melihat kebutuhan-kebutuhan negara-negara di Eropa, Amerika, Amerika Latin bahkan negara di Asia, kan belum banyak yang bisa memproduksi alat-alat seperti ini," jelasnya.

Pihaknya akan membantu mendorong dan mempromosikan produk simulator itu dengan channel dan link negara-negara yang sudah bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan.

"Kebetulan di kami memiliki ATASE Perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Centre, itu tersebar di banyak negara yang berkoordinasi dengan perwakilan di KBRI dan KJRI," ucapannya.

Jerry menyebut, regulasi atau aturan berbeda yang dikeluarkan setiap negara, menjadi salah satu kendala produk lokal Indonesia sulit bersaing dengan pasar luar negeri.

"Ya mungkin, salah satunya regulasi kebijakan. karena begini, kami berinteraksi dengan negara-negara di luar kami juga melihat sinkronisasi peraturan yang ada. Belum tentu peraturan di negara A dan B itu sama, untuk mewujudkan harmonisasi itu dibutuhkan koordinasi (antar negara)," pungkasnya.

Halaman


Simak Video "Waduh! Tank TNI Tabrak Gerobak-Motor di Bandung Barat"
[Gambas:Video 20detik]

(wip/ara)