Soal Uji Vaksin COVID-19, Erick Thohir: Kasih Lihat Dunia Kita Serius Bekerja

Sachril Agustin Berutu - detikFinance
Kamis, 13 Agu 2020 11:15 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan sambutan sebelum menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Diplomasi Ekonomi untuk mendukung BUMN Go Global di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Kerja sama ini bertujuan memperkuat diplomasi ekonomi dalam mewujudkan visi BUMN Go Global yang diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi BUMN di luar negeri dan mendorong performa ekspor Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Jakarta -

Pemerintah melakukan uji klinis vaksin COVID-19 fase 3 ke 1.620 relawan. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Indonesia adalah salah satu negara yang serius dalam menangani wabah COVID-19.

"Iya kemarin Alhamdulillah Indonesia salah satu negara yang melakukan uji oerdana vaksin yang cukup cepat. Kalau kita lihat kemarin ketika kita bisa ngasih lihat ke seluruh bangsa di dunia, bahwa kita ini bangsa yang serius bekerja," kata Erick Thohir, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

Erick pun membantah anggapan negara lain yang melihat Indonesia tak berdaya menangani virus Corona. Dia pun mengatakan uji coba vaksin COVID-19 ini aman dan halal.

Bila uji klinis vaksin COVID-19 ini sukses, Menteri BUMN ini menjelaskan imunisasi massal akan dilakukan Januari atau Februari 2021 mendatang.

"Karena itu kemarin bangsa-bangsa lain cukup kaget ketika kita berhasil melakukan uji vaksin perdana tanggal 11 Agustus. Karena itu kemarin juga pada uji vaksin perdana, dari pihak MUI (Majelis Ulama Indonesia) hadir untuk melihat proses daripada vaksin perdana ini. Jadi insya Allah kita bisa kasih lihat ke bangsa lain kita nggak ketinggalan," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pelaksanaan penyuntikan perdana calon vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/8). Dalam sambutannya, Jokowi berharap uji klinis ini bisa selesai dalam enam bulan.

"Hari ini saya hadir di Fakultas Kedokteran Unpad di Bandung, Jabar ini dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan penyuntikan yang perdana untuk imunisasi, untuk 1.620 relawan yang akan diujicobakan dan kita berharap uji klinis yang ketiga ini nantinya insyaallah bisa diselesaikan dalam 6 bulan ini," ujar Jokowi kemarin.



Simak Video "Tenaga Medis Jadi Prioritas, Target Vaksinasi Dilakukan Akhir Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)