Badai Corona Tak Redakan Ambisi Singapura Bikin Mobil Tanpa Sopir

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 22 Sep 2020 23:00 WIB
Sensasi Berkendara Mercy otonom di Frankfurt Motor Show 2017
Ilustrasi Mobil Tanpa Sopir (Foto: An Uyung Pramudiarja)
Jakarta -

Singapura memiliki ambisi besar untuk membuat kendaraan tanpa pengemudi. Pandemi COVID-19 diyakini tidak akan menghentikan langkah mereka.

Di tempat uji coba, seperti dilansir dari CNBC, Selasa (22/9/2020), kendaraan otomatis ini lepas landas di lintasan, bergerak sangat lambat, dan tidak ada yang mengendalikannya. Tetapi roda dapat berputar dan kendaraan mampu melewati tikungan.

Begitu lah simulasi uji coba kendaraan otonom di Singapura, tepatnya di Pusat Keunggulan untuk Pengujian dan Penelitian Kendaraan Otonom (Cetran). Uji coba buggy hanya menempuh jarak kecil dari lintasan 1,3 km, di mana kendaraan menavigasi rambu-rambu jalan, lampu lalu lintas, mendaki bukit kecil dan diuji dalam simulasi kondisi hujan dan banjir.

Singapura berusaha menjadi "negara pintar" dengan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan layanan pemerintah. Salah satu proyek tersebut adalah pengembangan kendaraan otonom, atau disingkat AV. Ini bertujuan untuk memasukkan bus otonom ke jalan umum di tiga distrik di sekitar pulau pada awal 2020-an.

Satya Ramamurthy, kepala infrastruktur, pemerintah dan perawatan kesehatan di KPMG di Singapura, mengatakan pandemi virus Corona tidak mungkin mengganggu rencana tersebut.

"Kami tidak melihat COVID-19 membuat dorongan menuju (AV) menjadi kurang penting," katanya, seraya menambahkan bahwa kendaraan tanpa pengemudi memberikan solusi yang berarti untuk tantangan tenaga kerja di pusat keuangan Asia.

Selain itu, Ramamurthy mengatakan ada pergeseran preferensi dari angkutan umum massal ke kendaraan pribadi sehubungan dengan krisis kesehatan akibat virus Corona. Kendaraan otonom diyakini tetap sangat relevan dalam mengurangi risiko transmisi.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mobil Canggih Masa Depan Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]