Startup Mobil Otonom China Dapat Suntikan Modal US$ 14,2 Triliun

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 06 Nov 2020 21:45 WIB
Pony.Ai
Foto: CNBC
Jakarta -

Startup mobil tanpa pengemudi di China, Pony.ai mengklaim telah mengumpulkan dana dari investor. Hal itu membuat valuasi perusahaan menjadi US$ 5,3 miliar atau setara dengan Rp 75,26 triliun (kurs Rp 14.200/US$).

Dana yang dijalankan oleh Dewan Perencanaan Pensiun, Ontario Teachers memimpin investasi US$ 267 juta yang juga melibatkan investor yang ada. Pony.ai mengatakan telah mengumpulkan total US$ 1 miliar setara Rp 14,2 triliun hingga saat ini.

Pony.ai adalah pesaing orang-orang seperti Waymo, anak perusahaan mobil tanpa pengemudi dari perusahaan induk Google, Alphabet. Pony.ai membuat dan menjual teknologi yang diperlukan untuk mobil tanpa pengemudi dan bermitra dengan pembuat mobil untuk melakukannya.

"Dengan investasi baru yang mendukung pertumbuhan kami dan memperdalam kemitraan dengan investor yang ada, kami dengan cepat bergerak maju menuju mobilitas masa depan dan membawa teknologi kendaraan otonom ke pasar global," kata CEO Pony.ai, James Peng dikutip dari CNBC, Jumat (6/11/2020).

Perusahaan yang memiliki kantor pusat di California dan Kota Guangzhou di China Selatan itu telah menguji mobil otonom di jalan. Namun, seseorang tetap harus berada di belakang kemudi karena peraturan.

Pony.ai telah meluncurkan apa yang disebut operasi "robo taxi" di Guangzhou pada 2018 dan sedang menyusun rencana untuk menguji armada kendaraan otonom di Shanghai. Termasuk menguji armada robo taxi di Fremont dan Irvine, California, tetapi rencana itu ditangguhkan pada Maret karena pandemi virus Corona.

Pony.ai telah bermitra dan menerima investasi dari pembuat mobil termasuk Toyota dan grup otomotif milik negara China, FAW.

Mobil otonom diharapkan menjadi bisnis besar di China. McKinsey memperkirakan mobil tanpa pengemudi dapat mencapai 66% dari kilometer yang ditempuh oleh penumpang di China pada tahun 2040. Itu berarti dapat menghasilkan pendapatan pasar sebesar US$ 1,1 triliun dari layanan mobilitas dan US$ 900 miliar dari penjualan kendaraan otonom pada tahun itu.



Simak Video "Mobil Tanpa Sopir Versi Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)