Tesla Segera Garap Baterai Listrik di RI

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 08:35 WIB
Logo Tesla
Foto: REUTERS/Lucas
Jakarta -

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan 2 produsen baterai listrik raksasa dunia bakal berinvestasi di Indonesia. Mereka adalah perusahaan Tesla milik Elon Musk dan BASF asal Jerman.

"Sebentar lagi yang akan kita teken ini adalah BASF sama Tesla," kata dia dalam konferensi pers virtual, kemarin Senin (25/1/2021).

Dia menjelaskan bahwa masuknya investasi-investasi besar seperti Tesla di Indonesia menunjukkan persepsi dunia terhadap Indonesia mulai bagus.

"Persepsi global pun sudah mulai bagus. Persepsi global ini terjadi dengan beberapa investasi-investasi besar yang mulai cenderung untuk masuk ke Indonesia," paparnya.

Bahlil meyakini tantangan investasi di 2021 lebih ringan dibandingkan 2020 sekalipun masih dalam situasi yang sama, yaitu pandemi virus Corona (COVID-19).

"Pertama adalah kita sudah mendapatkan vaksinasi. Proses vaksinasi sudah berjalan. Undang-undang Cipta Kerja juga sudah mulai kita implementasikan. Dua poin ini menurut saya cukup membuat kita optimis dalam rangka realisasi investasi kita di 2021 lebih baik," tambahnya.

Sebelumnya ada dua pemain global yang sudah lebih dulu menggarap proyek serupa di Indonesia. Selengkapnya di halaman selanjutnya.