Terpopuler Sepekan

Kirain Mobil Listrik, Ternyata Tesla Mau Bangun Ini di RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 13 Mar 2021 16:30 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Foto: AP
Jakarta -

Kabar mengenai Tesla Inc datang ke Indonesia sempat ramai dibahas, apalagi saat perusahaan milik Elon Musk tersebut batal berkunjung dan lebih pilih investasi di India.

Namun pihak pemerintah memastikan pembicaraan investasi Tesla ke Tanah Air masih berlanjut. Instansi yang dipimpin oleh Luhut Binsar Pandjaitan, yaitu Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) menegaskan proyek yang diincar Tesla bukan untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

Maka dari itu, meski dikabarkan Tesla membangun pabrik mobil di India, bukan berarti lobi-lobi investasi pemerintah ke Tesla telah berakhir.

Deputi Investasi & Pertambangan Kemenkomarves Septian Hario Seto menegaskan pemerintah masih melakukan pembicaraan mendalam dengan Tesla soal potensi investasi di Indonesia.

"Saya klarifikasi yang Tesla ini kami masih bicara, cuma nggak bisa detil. Cuma kita itu nggak pernah bicara soal pabrik mobil dengan mereka," ujar Seto dalam webinar Future Energy Tech and Innovation Forum 2021, Senin (8/3/2021).

Justru, menurut Seto, Tesla saat ini mengincar investasi di sektor Energy Storage System (ESS) atau sistem penyimpanan energi. Apalagi mereka sudah sukses membangun hal tersebut di Australia.

"Mereka sukses di Australia, dan mereka terus terang tawarkan opsi-opsi ke Indonesia. Seperti inilah satu diskusi kami dengan Tesla," ujar Seto.

Dalam catatan detikcom, ESS adalah alat yang bekerja seperti 'power bank' yang menyimpan listrik dengan skala besar hingga ratusan mega watt (MW) dan bisa sebagai stabilisator atau untuk pengganti pembangkit peaker (penopang beban puncak).

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler