Pabrik-pabrik di China Ngebul Lagi, Setelah Produksi Batu Bara Digenjot

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 30 Nov 2021 22:15 WIB
Kunjungan PLN ke PLTU Pan Shan di China.
Ilustrasi PLTU di China (Foto: Iin Yumiyanti/detikcom)
Jakarta -

Akhirnya ada kabar baik bagi perekonomian China. Pabrik-pabrik besar di negara itu mulai pulih setelah dilanda krisis listrik yang mengganggu produksi mereka.

Pabrik-pabrik besar di China mulai beroperasi ditandai dengan adanya lonjakan besar dalam pasokan batu bara di negara tersebut.

Menurut data National Bureau of Statistics (NBS) aktivitas manufaktur di China pada November 2021 meningkat menjadi 50,1 dari 49,2 pada Oktober. Itu adalah angka pertama di atas 50 yang mengindikasikan ekspansi dalam tiga bulan.

Pemerintah China pada mengaitkan peningkatan data manufaktur tersebut dengan langkah-langkah kebijakan baru yang telah memperkuat pasokan energi dan menstabilkan harga.

"Pada bulan November, kekurangan listrik mereda dan harga beberapa bahan baku turun secara signifikan," kata Zhao Qinghe, ahli statistik senior untuk NBS dilansir dari CNN, Selasa (30/11/2021).

China telah bergulat dengan krisis listrik selama berbulan-bulan, karena cuaca ekstrem. Lonjakan permintaan energi dan pembatasan penggunaan batu bara yang secara ketat telah memberikan pukulan besar terhadap jaringan listrik negara itu.

Permasalahan itu muncul pada bulan September, ketika perusahaan diberitahu untuk membatasi konsumsi energi mereka guna mengurangi permintaan listrik. Pasokan ke beberapa perumahan juga dipotong. Bahkan akibat kebijakan itu dilaporkan ada orang yang terjebak di lift.

Krisis energi, bersama dengan melonjaknya biaya bahan baku listrik yang kebanyakan berasal dari batu bara, mengakibatkan penurunan tajam dalam output industri untuk bulan September dan Oktober.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintahnya telah melonggarkan upaya mereka untuk mengurangi emisi karbon dan memerintahkan tambang batu bara untuk meningkatkan produksi.

China pun telah menggunakan lebih dari separuh pasokan batu bara dunia dan sudah menjadi penghasil karbon terbesar. Bahkan China membuat rekor harian baru untuk produksi batu bara.

Lihat juga Video: Momen Peluncuran Satelit Milik China ke Luar Angkasa

[Gambas:Video 20detik]



(das/dna)