'Silicon Valley' Jababeka Ogah Dibandingkan dengan Bukit Algoritma

ADVERTISEMENT

'Silicon Valley' Jababeka Ogah Dibandingkan dengan Bukit Algoritma

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 17:37 WIB
Rencana Pembangunan Silicon Valley di Jababeka
'Silicon Valley' Jababeka Ogah Dibandingkan dengan Bukit Algoritma/Foto: Dok. Jababeka

'Silicon Valley' Bukan Proyek

Agung pun menyatakan sebetulnya 'Silicon Valley' bukan sebuah proyek. Namun, pengembangan sebuah eksosistem digital yang bisa memecahkan banyak permasalahan sehari-hari.

"Saya koreksi pandangan publik, 'Silicon Valley' bukanlah sebuah proyek. Tidak ada 'Silicon Valley' sebagai proyek. Bahwa di kawasan itu ada SOHO-nya (kompleks kantor), ada showcase Fablab tadi. Bahwa di kawasan itu ada universitas yang hadirkan talent, itu jadi komponen pembentuk ekosistem," papar Agung.

"Semua bukan proyek yang dicanangkan, dianggarkan, ditargetkan, dan dirayakan," sebutnya.

Dia pun menyinggung proyek 'Silicon Valley" sebetulnya tak perlu seremoni groundbreaking dan lain sebagainya. Menurutnya, pengembangan kawasan "Silicon Valley' sejatinya adalah pengembangan SDM dan teknologi.

"Kalau kita lihat di Amerika, 'Silicon Valley' nggak pernah groundbreaking, nggak pernah gunting pita ya. Semua bukan proyek, ini adalah developing people. Di Amerika itu nggak pernah presiden siapa bilang saya mau bangun Silicon Valley di Palo Alto. Jadi ini pembangunan sebuah bangsa industri digital," tutur Agung.

Menurutnya ada tiga hal yang bisa membuat sebuah kawasan bisa disebut memiliki ekosistem seperti Silicon Valley. Pertama, kawasan itu harus bisa menelurkan inovasi dan solusi bagi masalah sehari-hari.

Kedua, kawasan itu menghasilkan SDM yang kompeten. Baik secara pengetahuan maupun kemampuannya.

"Suatu saat apapun bisa diganti mesin, kalau manusianya lahirkan ide, jadi produk, dia nggak akan lekang oleh zaman," kata Agung.

Terakhir, ekosistem 'Silicon Valley' harus bisa menghasilkan aktivitas ekonomi baru. Menimbulkan nilai tambah dan juga lapangan kerja bagi banyak orang.


(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT