Follow detikFinance
Senin 22 Jan 2018, 21:51 WIB

Kata Badan Pengatur Tol Soal Pengukuran Lahan untuk Tol Cinere

Trio Hamdani - detikFinance
Kata Badan Pengatur Tol Soal Pengukuran Lahan untuk Tol Cinere Foto: Grandyos Zafna
Depok - Dua minggu lalu warga Wismamas Pondok Cabe terkejut karena mendapati adanya aktivitas pengukuran lahan di Komplek mereka. Pengukuran ini diduga terkait pengerjaan proyek Tol Cinere-Serpong.

Aktivitas tersebut membuat warga komplek resah lantaran dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya sosialisasi kepada warga setempat.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna menanggapi hal tersebut. Menurut dia semestinya warga setempat sudah mengetahui kodisi itu. Ketika hendak dilakukan peninjauan lokasi (penlok) terkait pengadaan tanah untuk tol, selayaknya kelurahan setempat sudah menginformasikan lebih dulu.


"Iya dari kelurahan kan ada datanya, di kelurahan semestinya (sudah menginformasikan)," kata Herry ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Jika hal itu diterapkan, asumsinya warga sudah mengetahui, maka ketika ada yang melakukan penlok di sekitar perumahan mereka, warga tidak kaget.

"Harusnya penlok kan diumumkan ya, sudah tahu warga semestinya di sana. Asumsinya begitu karena sudah ditetapkan sebagai lokasi proyek jalan tol," lanjutnya.


Herry memaparkan bahwa proses pengadaan lahan untuk tol berada di bawah wewenang Badan Pertanahan Nasional (BPN). Adapun prosedurnya secara umum memang tahapan awalnya dilakukan pengukuran sebagai proses inventarisasi.

"Memang tahapannya kan harus diukur dulu lalu nanti diumumkan. Kan ini proses inventarisasi diukur lalu nanti diumumkan. Setelah diumumkan nanti warga bisa menyampaikan sanggahan kalau misalnya ukurannya tidak sama (tidak sesuai)," jelasnya.


Setelah itu nanti baru dirundingkan terkait nilai tanah dan bangunan milik warga yang terkena pembebasan lahan untuk tol.

"Nanti dilakukan musyawarah dengan yang bersangkutan," sambung Herry. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed