Follow detikFinance
Jumat, 22 Jun 2018 18:05 WIB

Apa Benar Biaya Bangun LRT Idealnya US$ 8 Juta/Km?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar Foto: Raja Adil Siregar
Jakarta - Prabowo Subianto mengkritik biaya pembangunan LRT Palembang kemahalan, yakni US$ 40 juta/km. Sementara jika mengacu data yang dia paparkan, biaya pembangunan LRT harusnya US$ 8 juta/km.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri menganggap membandingkan angka tersebut harus secara apple to apple atau setara.

"Kalau kita nggak lihat apple to apple dengan pekerjaan yang sama, sebenarnya nggak pas kita bandingkan itu," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Kata dia ada sejumlah faktor yang mempengaruhi biaya pembangunan LRT.

"Nah sekarang saya tanya US$ 8 juta itu kan Rp 100 miliar, itu variasinya banyak banget kalau kita bicara biaya pembangunan LRT, apakah dia di atas tanah, apakah dia elevated. Itu sendiri sudah menjadi satu pertanyaan," jelasnya.



Selain itu, kata dia juga harus dilihat perbandingan teknologi hingga fasilitas yang tersedia, misalnya jumlah stasiun, hingga sistem persinyalan kereta.

"Jumlah keretanya juga, berapa trainset, tadi bervariasi dia. Kalau mau dibandingkan yang benar benar apple to apple ya tadi, mungkin, misalnya struktur. Strukturnya sendiri sudah beda kan," terangnya.

Untuk LRT elevated dengan yang dibangun di atas tanah saja menurutnya biayanya jauh berbeda. Hanya saja dia belum bisa merinci berapa persen perbedaannya.

"Sekarang struktur elevated atau di atas tanah, itu jauh beda harganya. Makanya rate US$ 8 juta per km, nah ini memang kita lihat. Harus dilihat lagi detailnya, teknologinya apa," ujarnya.

Bahkan untuk sesama proyek LRT di Indonesia saja biayanya bisa berbeda.

"Kan dari teknologi saja berbeda. Terus keretanya juga. Yang di Jakpro (LRT Jakarta), dari Korea langsung, (LRT) Jabodebek sama Sumsel itu produksi INKA. Harusnya lebih murah dan kita bandingkan memang lebih murah," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed