Round-Up 5 Berita Terpopuler

Bandara Sukabumi di Tengah Kebun Singkong, LRT Siap Beroperasi

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sabtu, 11 Mei 2019 20:02 WIB
Bandara Sukabumi di Tengah Kebun Singkong, LRT Siap Beroperasi
Foto: Pradita Utama

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan proyek LRT Jakarta sudah siap beroperasi. Hal itu berdasarkan hasil persyaratan teknis dan administratif.

Terkait hal itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pembangunan jembatan terintegrasi dengan halte TransJakarta di Velodrome yang belum selesai.

"Kita sedang menyelesaikan skybridge-nya yang integrated dengan shelter TransJakarta di Arion (Velodrome). Kita kan inginnya integrasi," katanya kepada detikFinance, Sabtu (11/5/2019).

Selain menunggu pembangunan jembatan selesai, ia juga menunggu perpanjangan halte TransJakarta. Dengan demikian LRT Jakarta bisa terhubung dengan TransJakarta.

"Konsepnya integrasi. TransJakarta itu manjangin shelter-nya, kita skybridge-nya. Ya masak didiemin (beroperasi setelah terintegrasi) nggak ada untungnya didiemin," paparnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah Direktur Proyek LRT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengungkapkan saat ini pihaknya masih menunggu dikeluarkannya izin usaha serta izin operasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Tol Pematang-Kayu Agung Fungsional saat Mudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljyono meninjau Tol Pematang Panggang-Kayu Agung (PPKA). Dalam kesempatan itu, Budi Karya memastikan jalan tol tersebut dapat dibuka fungsional saat Lebaran.

Pantauan detikFinance, rombongan tiba di Tol PPKA dengan 2 unit helikopter milik Basarnas. Terlihat mendampingi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi serta Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Bagus Puruhito.

Di lokasi ini, Budi Karya dan Basuki mendengarkan pemaparan kesiapan tol yang memiliki panjang 77 Km. Baik rest area, penerangan, kondisi jalan sampai ke pengamanan.

"Terima kasih Pak Menteri PU, kerjanya luar biasa. Sehingga satu ruas tol lebih dari 300 Km yang selama ini ditempuh lebih 12 jam, nanti saat fungsional bisa ditempuh sekitar 7 jam," ujar Budi Karya saat meninjau kesiapan jalan tol, Sabtu (11/5/2019).

Budi Karya memperhitungkan untuk ruas tol dari Bakauheni-Palembang ini akan dapat ditempuh 7 jam saat beroperasi. Artinya keberadaan tol ini memangkas waktu tempuh sekitar 5 jam.

Sementara untuk persiapan saat mudik Lebaran, Budi Karya menargetkan ruas Tol PPKA hanya bisa dilalui saat siang hari saja. Mengingat belum ada rambu-rambu dan fasilitas lengkap.

"Persiapannya makanya saya bersama Pak Menteri PU cek. Fungsional sudah selesai, tentunya bisa beroperasi siang hari. Mulai Pukul 06.00 WIB-18.00 WIB di bawah koordinasi Kakorlantas," kata Budi Karya.

Kemenhub Pastikan LRT Jakarta Siap Beroperasi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa layanan light rail transit (LRT) Jakarta telah siap dioperasikan. Kesiapan itu telah sesuai dengan hasil persyaratan teknis dan administrasi.

Menurut Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nur Salam saat ini semua penilaian persyaratan teknis dan administrasi yang merupakan kewenangan Kemenhub sudah rampung. Sehingga LRT siap dioperasikan.

"Secara teknis LRT Jakarta siap untuk dioperasikan," kata Edi dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance.

Kemenhub sendiri memiliki kewenangan terhadap LRT Jakarta berupa penerbitan sertifikasi kelaikan sarana LRT, penerbitan sertifikasi prasarana yang dimulai dengan tahap rekomendasi teknis, dan penilaian aspek keselamatan operasional, supervisi Standar Operasional Procedure (SOP).

Selain itu, Kemenhub berwenang juga pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan standar keselamatan operasional LRT Jakarta, supervisi simulasi keadaan darurat, supervisi dokumen Sistem Manajemen Keselamatan Perkeretaapian (SMKP).



(ara/fdl)