Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 23 Agu 2019 14:53 WIB

Rini Cek Proyek LRT Jabodebek yang Mau Diuji Coba

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Depok - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau proyek lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek siang ini, Jumat (23/8/2019). Lokasi kunjungan proyek ialah Stasiun Harjamukti, Cibubur, Depok.

Pantauan detikFinance di lokasi, Rini tiba sekitar pukul 14.10 WIB mengenakan kemeja warna putih. Kondisi cuaca cukup terik di lokasi proyek.

Setibanya di lokasi, Rini langsung mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa helm dan rompi. Lengkap dengan kaca mata hitam, Rini langsung bergegas meninjau stasiun yang lokasinya melayang di atas. Di stasiun, Rini sempat mendengarkan penjelasan dari kontraktor.

Namun, tak lama Rini langsung berjalan menyusuri rel kereta.

Menteri BUMN Rini Soemarno Tinjau LRT JabodebekMenteri BUMN Rini Soemarno Tinjau LRT Jabodebek Foto: Achmad Dwi Afriyadi




Untuk diketahui, kereta LRT Jabodebek bakal diujicoba pada September mendatang. Uji ini mundur yang dijadwalkan karena terganjal masalah pembebasan lahan untuk depo.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harso mengatakan tim dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mendatangi pabrik INKA di Madiun. Mereka akan melakukan factory acceptance test (FAT).

"Iya September (uji coba). Jadwalnya satu-dua hari ini tim KAI akan datang ke Madiun untuk lakukan FAT tes. Setelah dinyatakan lolos oleh KAI, INKA langsung mengirimkan kereta ke lapangan," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (21/8).

Budi mengatakan pembangunan untuk jalur Cibubur-Cawang sudah selesai. Running test sendiri akan dilakukan nantinya di jalur tersebut.

"Jalur itu sepanjang 2 km. Nantinya akan dilakukan running test di situ," tambahnya.

Menteri BUMN Rini Soemarno Tinjau LRT JabodebekMenteri BUMN Rini Soemarno Tinjau LRT Jabodebek Foto: Achmad Dwi Afriyadi




Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com