Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Sep 2019 07:00 WIB

Mengintip Konsep Transportasi di Ibu Kota Baru

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Balikpapan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi lokasi ibu kota negara (IKN) yang baru menggantikan Jakarta. Ibu kota baru tersebut direncanakan bakal melintasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) dan Samboja di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Meski pembangunan ibu kota baru belum dimulai, namun saat ini pemerintah mulai memetakan lokasi rencana pembangunan di atas lahan yang sudah disediakan di dua lokasi tersebut. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi salah satu menteri yang paling awal memetakan rencana pembangunan di IKN yang baru untuk kategori sarana dan pra sarana transportasi.

Terbang langsung ke Kaltim, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II (AP II) tersebut mencocokkan konsep pembangunan infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN. Konsep forest city yang telah ditetapkan Kementerian PUPR untuk IKN di Kaltim diterjemahkan Kementerian Perhubungan lewat konsep smart city smart mobility. Konsep tersebut melahirkan sebuah sistem transportasi yang pendekatannya ramah lingkungan alias eco friendly.

Seperti apa transportasi di ibu kota baru nanti? Berikut informasi selengkapnya:

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com