Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Des 2019 17:53 WIB

Jajal Tikungan dan Tanjakan, LRT Jabodebek Diuji Coba ke Cililitan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jalur LRT Jabodebek rute Cibubur-Cawang/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memanggil Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Luhut memanggil Kartika untuk membahas pembangunan LRT Jabodebek.

Kartika mengatakan, proyek LRT Jabodebek saat ini fokus pada pembebasan lahan untuk depo di Bekasi. Kemudian, fokus memperpanjang uji coba kereta LRT Jabodebek sampai Cililitan.

"Kita mau speed up, kita mau coba testing lebih panjang supaya nanti kelihatan ada isu apa nggak," katanya usai rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).


Uji coba kereta saat ini dilakukan pada rute Cibubur-Cawang yakni Cibubur-Ciracas sepanjang 5,5 km. Tiko mengatakan, perpanjangan uji coba ini untuk mengetahui kondisi kereta.

"Kita coba standar naik, standar kaya MRT dari sisi kenyamanan, kedap suara, dari sisi speed so far OK," ujarnya.

Sementara, Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata mengatakan, progres lahan LRT Jabodebek secara total sudah mencapai 99,8%. Kemudian, untuk konstruksi sebesar 68%.

Dia melanjutkan, perpanjangan uji kereta dilakukan untuk melihat kondisi kereta saat melintas di rute yang menikung dan menanjak.

"Urgensinya kan kalau sekarang 5,5 km (Cibubur-Ciracas) kan track relatif lurus, belum ada tikungan dan tanjakan yang cukup signifikan. Nah untuk mencapai itu kami harus extend sampai ke Cililitan itu ada tikungan di atas Kampung Rambutan, dan ada turunan selepas dari Taman Mini untuk melihat performa dari keretanya," ujarnya.



Simak Video "adv adhi karya"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com