3 Kawasan MRT Jakarta Bakal Disulap Seperti di London

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 02 Jul 2020 15:48 WIB
Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta mulai beroperasi normal hari ini. Sebelumnya, transportasi publik itu sempat dihentikan sementara waktu imbas aksi 22 Mei.
3 Kawasan MRT Jakarta Bakal Disulap Seperti di London
Jakarta -

Wajah kawasan di titik-titik stasiun MRT Jakarta bakal disulap seperti kota metro di London hingga Tokyo. Konsep yang diusung adalah kawasan terpadu Transit Oriented Development (TOD) atau Kawasan Berorientasi Transit (KBT).

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah merestui tiga kawasan stasiun MRT Jakarta untuk diubah dengan konsep tersebut.

"Di bulan Februari kemarin dengan Pergub 15 tahun 2020 sebagai turunan dari situ sudah ada diterbitkan lagi Pergub terkait dengan panduan rancang kota, dan sudah diumumkan, sudah diresmikan untuk 3 kawasan yang pertama. Jadi ada, Pergub 55, 56, dan 57," kata dia di Depo MRT Jakarta Lebak Bulus, Kamis (2/7/2020).

Yang pertama adalah KBT Blok M - ASEAN. Kawasan ini memiliki luas 470 ribu meter per segi. Di dalamnya akan dikembangkan 19,7 km trotoar, 16 fasilitas bike-sharing, dan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang terbuka hijau.

Kedua adalah KBT Fatmawati. Kawasan ini luasnya mencapai 460 ribu meter per segi. Akan ada fasilitas trotoar dan bike-sharing juga. Lalu tepian sungai seluas 13.960 m per segi yang dapat dikembangkan menjadi taman, plaza yang bisa digunakan untuk pedestarian.

Lalu yang ketiga adalah KBT Lebak Bulus dengan luas 200 ribu meter per segi. Akan dibangun jalur pedestarian layang sepanjang 2.200 meter, hingga area pedagang kaki lima (PKL) seluas 5.000 meter per segi.

"Kalau kita lihat sekarang kepadatan bangunan di kawasan-kawasan stasiun MRT Jakarta itu belum padat. Kalau Anda ke tempat-tempat seperti Singapura, Tokyo, Hong Kong, London, itu semua stasiun-stasiun metro sudah pasti kepadatannya tinggi penghuninya di situ. Itu konsep TOD," jelasnya.

Nantinya akan menyusul 2 kawasan TOD lainnya, yaitu TOD Dukuh Atas, dan TOD Istora Senayan. Kata dia itu sedang berproses dan diharapkan segera final.



Simak Video "Akibat Corona, Proyek MRT Bundaran HI-Harmoni Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)