Follow detikFinance
Jumat 10 Nov 2017, 17:11 WIB

Mau Beli Bank Muamalat, Minna Padi Belum Lapor ke OJK

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Mau Beli Bank Muamalat, Minna Padi Belum Lapor ke OJK Foto: dok. Muamalat
Jakarta - Rencana pembelian saham Bank Muamalat Indonesia oleh Minna Padi Sekuritas mencuat beberapa bulan lalu. Namun hingga saat ini Minna Padi belum melaporkan rencana tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam aturan Bank Muamalat disebutkan pemegang saham harus sesuai dengan standar syariah yang sudah ditetapkan. Lalu apakah Minna Padi sebagai perusahaan sekuritas sudah memenuhi persyaratan tersebut?

"Mereka (Minna Padi) belum memasukkan permohonan akuisisi ke OJK, bagaimana bisa dinilai syariah atau tidak? makanya sekarang saya tidak mau berbicara banyak dulu," kata Kepala Eksekutif Pengawas perbankan OJK, Heru Kristiyana di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Heru mengatakan, selama ini rencana pembelian saham hanya masih dalam pembicaraan antara Minna Padi dan Bank Muamalat. Dia menjelaskan, jika Minna Padi sudah memasukkan pengajian akuisisi maka OJK segera melakukan fit and proper.

Namun saat ini Minna Padi juga disebut sedang melakukan proses untuk penerbitan saham barunya. Saat ini Minna Padi dan Muamalat sedang menentukan harga.


"Sedang valuasi harganya dengan pemilik lama, kalau itu sudah sepakat tentu mereka akan rights issue baru memasukkan formatnya ke OJK hingga tahapan-tahapannya," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, manajemen PADI telah mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian pengambilan saham dalam Bank Muamalat. PADI sendiri akan bertindak sebagai pembeli siaga dalam rangka penerbitan saham baru melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Adapun nilai transaksi untuk akuisisi melalui proses HMETD itu sebesar Rp 4,5 triliun. Sementara jumlah saham Bank Muamalat yang akan dimiliki oleh PADI sekurang-kurangnya 51% dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor oleh Bank Muamalat. PADI sendiri tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Bank Muamalat.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed