Ada Vaksin Corona, Bank Semangat Lagi Genjot Kredit

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 22 Okt 2020 19:18 WIB
Illustrative picture of covid-19 coronavirus vaccine vial
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia saat ini sedang memproses vaksin COVID-19 sebagai salah satu cara untuk mengatasi pandemi Corona. Hal ini juga menjadi angin segar untuk perbankan. Jika vaksin bisa berjalan lancar maka perbankan akan kembali ke kondisi yang lebih baik.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Pahala Mansyuri mengungkapkan vaksin yang lancar bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional lebih cepat. Dia menyebut saat ini kondisi likuiditas bank sangat baik yakni tumbuh di kisaran 18,7% pada kuartal III.

"Satu sisi senang, tapi ada tantangan bagaimana cara agar dana bisa optimal disalurkan ke pembiayaan," kata dia dalam paparan kinerja BTN virtual, Kamis (22/10/2020).

Pahala mengungkapkan dengan asumsi pertumbuhan ekonomi tahun depan yang mulai membaik dengan distribusi vaksin yang lancar, harapan baru muncul untuk perbankan.

"Harapannya 2020 sudah ada vaksin yang bisa didistribusikan sehingga awal 2021 ada tambahan vaksin yang disalurkan ke masyarakat," jelasnya.


Dia mengungkapkan jika vaksin efektif ekonomi Indonesia diproyeksi tumbuh 5%.

Selain itu penyaluran kredit di BTN saat ini tergantung dari penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR).

"Kita harap 2021 kuota FLPP dari program KPR subsidi bisa mencapai Rp 16,7 triliun dengan tambahan dana bergulir Rp 2 triliun, kita lihat ada potensi pertumbuhan bisa cukup baik," jelas dia.

Pahala menuturkan Bank BTN juga mengincar posisi sebagai Bank Pembiayaan Perumahan Terbaik di Asia Tenggara pada 2025.

"Sebagai Best Mortgage Bank, kami akan mencatatkan profit dan aset tertinggi di antara pemain sejenis," jelas Pahala.

Berbagai strategi, tambahnya, telah disiapkan untuk menuju posisi tersebut pada lima tahun mendatang. Di antaranya melipatgandakan perolehan dana murah serta membuat akses pemilikan rumah kian murah dan mudah. Perseroan juga akan menyediakan berbagai fasilitas perbankan dan investasi untuk seluruh kalangan nasabahnya.

Menurut Pahala, Bank BTN juga akan membangun portfolio berkualitas dengan NPL rendah yang sejalan dengan prinsip bisnis berkelanjutan. Bank spesialis pembiayaan perumahan ini pun mengincar menjadi innovator di sisi digital dan rumah bagi putra-putri terbaik bangsa.

"Dengan menjadi yang terbaik, kami pun akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia terutama dalam hal penyediaan rumah yang terjangkau," tegas Pahala.

(kil/eds)