Ini Tips Supaya Tabungan di Bank Tetap Aman!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 11 Des 2020 15:33 WIB
Ilustrasi menabung
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Menabung di bank merupakan salah satu cara yang nyaman untuk menyimpan uang. Tapi harus tetap waspada dengan kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi pada tabungan.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh nasabah agar uangnya aman di bank.

Misalnya rutin memeriksa saldo di bank. "Caranya dengan mencetak buku tabungan secara periodik misalnya satu bulan sekali," kata dia dalam acara diskusi Infobank MASIH AMANKAH MENYIMPAN UANG DI BANK : Meminimalisir Risiko Operasional & Risiko Reputasi, Jumat (11/12/2020).

Dia mengungkapkan hal ini juga bisa mengurangi kemungkinan ketidakcocokan catatan nasabah dengan bank.

Selain itu, nasabah juga bisa memeriksa suku bunga LPS di laman resmi lps.go.id dan di bank. Kemudian nasabah bisa meminta bank agar bunga yang diberikan tidak melebihi bunga penjaminan LPS.

Dia mengungkapkan syarat layak bayar dengan ketentuan 3 T dari LPS juga harus dipenuhi oleh nasabah. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi masalah tabungan pada bank.

Lanjut ke halaman berikutnya>>>

Pertama transaksi harus tercatat dalam pembukuan bank. Selain itu tingkat bunga tidak melebihi bunga yang ditentukan LPS. Kemudian nasabah juga tidak ikut menyebabkan bank menjadi gagal misalnya nasabah memiliki kredit macet.

"Simpanan yang dijamin LPS adalah tabungan, deposito, giro dan jenis simpanan lain dengan jenis simpanan yang disebutkan sebelumnya. Ini termasuk untuk produk simpanan dari bank syariah," ujar dia.

(kil/fdl)