Masyarakat RI Banyak yang Belum Melek Asuransi Jiwa

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 11:53 WIB
Ilustrasi Asuransi
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengungkapkan masyarakat tanah air masih rendah dalam mengakses program asuransi, khususnya produk asuransi jiwa. Padahal, asuransi merupakan salah satu perlindungan terhadap diri sendiri dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Asuransi adalah perjanjian antara penanggung (perusahaan) dan tertanggung (nasabah). Perjanjian ini mewajibkan nasabah membayar premi kepada perusahaan untuk penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian atau kehilangan yang diderita karena peristiwa tak terduga.

"AAJI mengidentifikasi kendala kurangnya akses masyarakat terhadap produk asuransi jiwa," kata Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu saat dihubungi detikcom, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Rendahnya masyarakat dalam mengakses program asuransi jiwa juga menandakan masih rendahnya literasi keuangan di tanah air. Untuk mengatasi hal itu, AAJI, dikatakan Togar berusaha mendorong inklusi dan literasi keuangan dengan edukasi.

Togar mengungkapkan, produk asuransi jiwa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Dia menilai secara umum asuransi jiwa memberikan manfaat perlindungan terhadap risiko yang timbul dikarenakan oleh kematian atau kesehatan.

"Ada juga produk asuransi jiwa yang menawarkan manfaat tambahan dalam proteksinya, berikut adalah jenis dan manfaat yang berbeda-beda dari berbagai produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Lalu, apa saja jenis-jenis asuransi jiwa dan manfaatnya? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2