Banyak yang Belum Melek, Ini Lho Pentingnya Punya Asuransi Jiwa

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 13:28 WIB
Ilustrasi Asuransi Online
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai memiliki produk asuransi jiwa saat ini menjadi hal yang sangat penting terutama untuk masyarakat Indonesia. Asuransi jiwa mampu mengelola risiko dan memberikan jaminan atas ketidakpastian karena memberi proteksi atas risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu saat dihubungi detikcom, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Dia bilang, produk asuransi jiwa juga bisa dijadikan bagian dari perencanaan keuangan masa depan.

"Memiliki polis asuransi merupakan hal penting untuk masyarakat Indonesia sesuai dengan fungsi asuransi jiwa," kata Togar.

Togar mengatakan, asuransi jiwa memiliki peran dalam membantu ketahanan keuangan keluarga. Dia mencontohkan, ketika pencari nafkah dalam suatu keluarga cacat atau meninggal dunia, investasi terhenti sehingga mengganggu dana yang direncanakan untuk kebutuhan pendidikan atau tabungan masa depan.

"Untuk itu perlu proteksi yang diberikan oleh asuransi jiwa, agar investasi bisa terus berjalan untuk dana yang direncanakan untuk keluarga, meskipun pencari nafkah mengalami musibah," jelasnya.

Asuransi adalah perjanjian antara penanggung (perusahaan) dan tertanggung (nasabah). Perjanjian ini mewajibkan nasabah membayar premi kepada perusahaan untuk penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian atau kehilangan yang diderita karena peristiwa tak terduga.

Menurut Togar, asuransi diperlukan untuk memberikan perlindungan kesehatan, selain proteksi keuangan untuk membantu ketahanan hidup, ketika ada hal-hal yang tidak terduga.

"Adanya penyakit-penyakit baru yang ditemukan membuat asuransi semakin berperan dalam memberi proteksi bagi nasabah," ungkapnya.

Berikut jenis-jenis asuransi jiwa dan manfaatnya: