The Fed Beberkan Ancaman Baru Sistem Keuangan Global, Apa Itu?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 13 Apr 2021 09:20 WIB
Jerome Powell
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed) menyatakan serangan dunia maya saat ini menjadi risiko utama bagi sistem keuangan global. Bahkan risikonya dianggap lebih dari pinjaman dan likuiditas yang menyebabkan krisis keuangan 2008.

Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan dunia telah berubah secara substansial semenjak resesi. Dia menggarisbawahi bagaimana ancaman peretasan telah menjadi perhatian utama di pemerintahan tertinggi.

"Saya akan mengatakan bahwa risiko yang paling kita perhatikan sekarang adalah risiko dunia maya," kata Powell dikutip dari CNN, Selasa (13/4/2021).

Powell menyebut banyak lembaga pemerintah termasuk The Fed, hingga bisnis swasta besar saat ini mengawasi risiko yang kemungkinan akan terjadi karena investasi yang dilakukan besar-besaran.

"Jika peretas berhasil menghambat aliran uang dari satu lembaga keuangan ke lembaga keuangan lainnya, itu bisa mematikan sektor atau bahkan sebagian besar sistem keuangan," tuturnya.

Pemerintah dan bisnis swasta disebut sedang waspada terhadap jenis ancaman serangan dunia maya itu.

"Kami menghabiskan begitu banyak waktu, energi, dan uang untuk berjaga-jaga terhadap hal-hal ini. Ada serangan dunia maya setiap hari di semua institusi besar sekarang," imbuhnya.

Simak juga 'Saat Trump Sindir The Fed Hanya Pengekor':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)