ADVERTISEMENT

Peran Tommy Soeharto di Perusahaan yang Asetnya Disita Satgas BLBI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 19:14 WIB
Infografis Daftar Aset Tommy Soeharto Rp 600 miliar yang disita negara
Foto: Infografis detikcom/Denny

Mobil yang dijual Timor tak lain dan tak bukan adalah produk rebadge mobil Korea Selatan, Kia Sephia. Dengan berbagai keistimewaan pajak yang didapat, mobil sedan Timor tipe S515 ini dijual dengan harga on the road Rp 37 juta. Jauh lebih murah dari pesaingnya, Toyota Starlet 1.3 yang dijual Rp 48,4 juta dan Toyota Corolla MT Rp 76,35 juta.

Di tahap awal, PT TPN mengimpor langsung mobil KIA Sephia dari Korea Selatan secara utuh (Completely Built-Up/CBU). Mobil buatan KIA Motors itu kemudian diganti logo dan mereknya jadi Timor.

Di tahun pertamanya, PT TPN berhasil menduduki peringkat 6 besar penjualan mobil di Indonesia periode 1997. Perusahaan Tommy Soeharto itu berhasil menjual sebanyak 19.417 unit, lebih besar dari Nissan yang hanya menjual 9.037 unit.

Untuk menjalankan bisnisnya, PT TPN mendapat pinjaman dari Bank Bumi Daya. Untuk meraih pinjaman, perusahaan Tommy Soeharto itu menjaminkan rekening giro dan deposito sebesar Rp 1,2 triliun.

Dari pinjaman itu, PT TPN disebut masih punya tunggakan sebesar Rp 2,3 triliun. Bank Bumi Daya sendiri telah ditutup pasca krisis ekonomi 1998 dan digabungkan jadi Bank Mandiri.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT