Dukung Smart City, BNI Tawarkan Solusi Keuangan Terintegrasi

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Jumat, 26 Nov 2021 10:57 WIB
Smart City BNI
Foto: BNI

Dikatakannya, program BNI Smart City tidak hanya terfokus pada pengembangan ekosistem semata. Melainkan juga turut mendukung program digitalisasi kabupaten atau kota tujuan.

"Sebagai pioneer dalam Digital Banking, BNI pun akan menyediakan layanan perbankan secara menyeluruh, yang meliputi Layanan dan Jasa Perbankan, Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Smart City, dan serta Pemberdayaan & Peningkatan Kapasitas UMKM," tuturnya.

Sebagai informasi, solusi yang telah dapat BNI berikan bagi Pemkot/ Pemkab, antara lain solusi pembayaran belanja Daerah dengan BNI Direct, SP2D Online, dan Virtual Account Debit, solusi penerimaan Daerah dengan e-PBB, e-PDAM, e-Samsat, dan e-Retribusi.

Perseroan juga telah memiliki BNI Market Place untuk membantu pemerintah kota/ kabupaten dalam mempromosikan pariwisata dan produk UMKM, serta pemasaran secara online. Ada juga penyediaan uang elektronik, seperti BNI Tapcash dan LinkAja bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi nontunai dalam mendukung cashless society.

BNI juga menyediakan berbagai solusi finansial bagi ASN yang memudahkan dalam tabungan, transaksi keuangan melalui mobile banking, fasilitas kredit tanpa agunan bagi ASN yang sudah ber-payroll di BNI, fasilitas kredit kepemilikan rumah, sampai dengan asuransi kesehatan.

Dorong UMKM Ekspor

Lebih lanjut, Adi menuturkan perseroan juga mendukung pengembangan ekonomi daerah. Utamanya dalam mendorong UMKM agar bisa menembus pasar ekspor.

Sebagai Bank Internasional milik pemerintah, lanjut dia, BNI memberikan layanan transaksi internasional berbasis digital, pendampingan dan kemudahan akses pembiayaan sesuai dengan journey perkembangan bisnis UMKM.

Selain itu, Adi mengatakan pihaknya juga mendukung UMKM untuk go global melalui program BNI Xpora. Dia menilai program ini merupakan solusi terintegrasi untuk melayani UMKM yang berorientasi ekspor melalui one stop shopping solution hub yang tersebar di 7 kota yakni di Jakarta, Bandung, Solo, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makasar serta digital portal Xpora yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

"BNI juga didukung dengan 6 kantor cabang BNI luar negeri di New York, London, Tokyo, Hongkong, Seoul, dan Singapura, yang membantu perluasan pasar bagi UMKM, matchmaking business, dan bekerjasama dengan kedutaan setempat, mengajak UMKM ikut serta dalam event dan pameran di luar negeri," tandasnya.


(ncm/ara)