Program Perbankan Ini Bisa Bantu UMKM Naik Kelas-Tembus Pasar Global

ADVERTISEMENT

Program Perbankan Ini Bisa Bantu UMKM Naik Kelas-Tembus Pasar Global

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Jumat, 18 Nov 2022 16:52 WIB
BNI
Foto: Dok. BNI
Jakarta -

Ada sejumlah fasilitas yang dapat diakses oleh UMKM untuk meningkatkan kapabilitas dan menaikkan kelas usahanya. Salah satunya lewat program Xpora yang dijalankan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) (BNI).

Xpora dibuat untuk membantu UMKM potensial dengan memberikan dukungan menyeluruh baik dari akses permodalan, transaksi dalam dan luar negeri, jaringan, pemasaran, hingga peningkatan kapabilitas pelaku usaha. Dengan begitu UMKM dapat memasarkan produknya di pasar global.

Program BNI Xpora juga berperan sebagai jembatan antara penjual dan pembeli, sekaligus menjadi one stop solution hub dalam menciptakan ekosistem yang mampu mendukung UMKM melakukan ekspor.

"Selain memberikan pendampingan untuk ekspansi pasar global, Xpora juga menjadi platform yang menawarkan layanan sistem digital, solusi pendanaan, pengelolaan keuangan, penguatan aspek legalitas, hingga penyediaan forum khusus UMKM," jelas Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo beberapa waktu lalu.

BNI Xpora menyediakan sederet fasilitas yang dapat dimanfaatkan UMKM untuk pengembangan usaha. Berikut ulasannya.

1. Kredit Usaha Kecil dan Menengah

Kredit Usaha Kecil dan Menengah dapat diakses UKM untuk kebutuhan modal usaha (Kredit Modal Kerja) maupun pembelian aset produktif tetap (Kredit Investasi). Nominal kredit yang bisa diambil mulai dari Rp 1 miliar hingga Rp 15 miliar.

Adapun tenor kredit yang disediakan adalah 120 bulan (10 tahun) untuk Kredit Modal Kerja dan 180 bulan (15 tahun) untuk Kredit Investasi.

2. BNI Wirausaha

Program kredit ini diperuntukkan bagi usaha perorangan maupun badan usaha perorangan. Kredit ini digulirkan untuk mempermudah setiap orang memulai dan mengembangkan usahanya. Masyarakat bisa memperoleh pinjaman modal hingga Rp 1 miliar dari BNI Wirausaha.

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). BNI menjadi salah satu bank yang dipercaya menyalurkan KUR.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT