Usia 35 Merdeka Finansial, Ini 5 Tipsnya

Khoirul Anam - detikFinance
Senin, 12 Jul 2021 12:30 WIB
Ilustrasi kelola keuangan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Merdeka secara finansial di umur 35 tahun mungkin menjadi impian bagi banyak orang, tak terkecuali generasi milenial. Merdeka finansial adalah tidak adanya kekhawatiran dalam hal finansial ke depannya.

Merdeka secara finansial biasanya didapatkan oleh orang-orang yang sudah berusia di atas 50-an tahun. Mereka mendapatkannya karena memiliki banyak kesempatan untuk menabung.

Untuk bisa merdeka secara finansial, menabung memang menjadi cara pertama yang bisa dilakukan. Selain menabung, ada cara-cara lain agar merdeka finansial bisa didapatkan di usia 35. Berikut beberapa tipsnya.

Tentukan Tujuan

Tujuan menjadi hal yang utama ketika tengah menempuh sesuatu. Makanya, menentukan tujuan perlu dilakukan ketika kamu ingin merdeka secara finansial. Menentukan tujuan bisa dilakukan dengan mencari tahu alasan kamu perlu merdeka secara finansial.

Nantinya, tujuan yang sudah ditentukan tersebut bisa menjadi motivasi. Dengan tujuan yang jelas, cita-cita kamu dalam meraih kemerdekaan finansial juga tidak gampang goyah.

Hindari Utang

Berutang sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Berutang biasanya dilakukan seseorang karena merasa bisa melunasi utang tersebut di akhir bulan nanti. Namun, dalam mencapai kemerdekaan finansial, kebiasaan ini harus segera ditinggalkan.

Sebagai informasi, ada dua metode dalam melunasi utang. Pertama adalah metode bola salju yakni melunasi utang-utang terkecil lebih dahulu. Kedua adalah longsoran salju, yakni melunasi utang dengan dengan tingkat bunga tertinggi.

Lacak Pengeluaran

Ketika pengeluaran tidak terlacak, bisa dipastikan cita-cita merdeka finansial di usia muda akan sulit diperoleh. Melacak pengeluaran bisa menghindari dari kebiasaan boros.

Melacak pengeluaran bisa dengan mencatat pengeluaran apa saja yang ada dalam sehari. Selain itu, banyak layanan dompet digital yang bisa melacak pengeluaran kamu. Layanan dompet digital bisa melacak pengeluaran di opsi histori pembayaran kamu ketika menggunakannya.

Berinvestasi

Berinvestasi menjadi cara selanjutnya dalam menggapai kemerdekaan secara finansial. Saat ini, berinvestasi bukan menjadi hal yang asing. Beberapa layanan disediakan agar berinvestasi bisa lebih mudah bagi para pemula.

Kamu bisa melakukan investasi dengan menentukan instrumen yang memiliki banyak kelebihan. Dengan berinvestasi, siapa pun akan dapat merasakan keuntungannya di kemudian hari.

Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah persiapan yang perlu dilakukan oleh semua orang dalam mencapai kemerdekaan finansial. Dana ini disiapkan untuk menghadapi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi di kemudian hari.

Dana darurat bisa dengan menyisihkan dari income bulanan dalam bentuk tabungan atau investasi. Dalam menyiapkan dana darurat, kamu harus menentukannya dan menyisihkannya secara konsisten.

Selain menyiapkan kelima hal itu, merdeka finansial juga bisa ditempuh dengan cara-cara menyenangkan. Salah satunya adalah fitur DANA Goals dari dompet digital DANA.

DANA Goals merupakan fitur untuk menabung atau menyisihkan uang demi tujuan tertentu. Dalam fitur DANA Goals, kamu bisa mulai atur keuangan dengan menyimpan uang untuk semua rencanamu.

Fitur ini dihadirkan DANA agar para pengguna dapat mengelola keuangannya secara virtual untuk mencapai tujuan finansial yang diharapkan. Transaksinya dijamin aman karena ada DANA Protection, sistem keamanan berlapis dan dinamis, serta memberikan garansi 100% uang kembali sesuai syarat & ketentuan di aplikasi DANA.

Dengan fitur DANA Goals, keinginan kamu untuk merdeka finansial jadi #BebasDrama. Yuk, mulai transaksi di DANA Goals.



Simak Video "Tips Mengurangi Belanja Impulsif Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)