ADVERTISEMENT

Tips Kelola THR Agar Tak Habis Secara Cuma-cuma

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 28 Apr 2022 22:48 WIB
ilustrasi THR
Foto: Dok.Detikcom
Jakarta -

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah suatu hal yang dinanti-nanti oleh para karyawan. Namun, THR sering kali habis tak tersisa dalam waktu singkat karena pengeluaran di bulan Ramadan dan Lebaran relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bulan biasa.

Dilansir dari website Jenius, sebenarnya ada tips agar THR tidak langsung habis secara cuma-cuma. Berikut ini adalah beberapa cara agar THR yang didapatkan bisa dikelola dengan baik dan aman.

Prioritaskan Kewajiban

Pada bulan Ramadan ini, setiap muslim memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Zakat ini wajib dikeluarkan sebelum Lebaran, maksimal sebelum waktunya salat Idul Fitri.

Selain zakat fitrah, kewajiban lainnya yang harus dikeluarkan adalah membayar fidyah dan juga zakat penghasilan. Jangan lupa juga berikan sedikit rezeki untuk orang terdekat seperti orang tua, saudara, atau yayasan sosial.

Sisihkanlah sebagian THR untuk diberikan dalam bentuk angpau atau salam tempel ke kerabat atau orang yang membutuhkan. Bagikan kebahagiaan biar bisa bersama-sama tersenyum di hari kemenangan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membayar zakat adalah melalui Jenius. Dengan Jenius, pengguna bisa dengan mudah membayar kewajiban zakatnya menggunakan fitur Bayar Tagihan. Dengan adanya fitur ini, pengguna tak perlu lagi pusing untuk membayar zakat. Karena akan disalurkan oleh beberapa lembaga amil terpercaya.

Sisihkan untuk Ditabung

Menerima THR terkadang seperti ketiban durian runtuh. Hal ini membuat kalap dan ingin membeli beberapa hal yang sebenarnya tidak benar-benar diperlukan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengelola THR adalah dengan menyisihkannya untuk tabungan jangka panjang atau dipakai sebagai modal investasi. Selain uang yang didapat tidak habis secara cuma-cuma, kemungkinan uang yang diinvestasikan atau ditabung bisa semakin banyak dan bisa dipakai untuk keperluan lainnya di kemudian hari.

Salah satu sarana yang bisa digunakan untuk menabung dengan aman dan mudah adalah dengan Dream Saver dari Jenius. Dream Saver bisa digunakan untuk tabungan sesuai tujuan tertentu dengan target spesifik yang ingin dicapai. Selain itu, pengguna juga memiliki kebebasan untuk menarik tabungan kapan pun tanpa penalti, sehingga kalau sewaktu-waktu ada keperluan bisa langsung diambil.

Bila ingin mulai berinvestasi, pengguna Jenius juga bisa langsung menaruh uangnya untuk investasi jangka panjang seperti Reksa Dana di Jenius. Melalui fitur Investasi di Jenius, pengguna dapat dengan mudah dan simpel memulai investasi, memilih produk reksadana, membuat portfolio, hingga memantaunya. Semua dapat dilakukan dari aplikasi Jenius.

Baca Selengkapnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT