ADVERTISEMENT

Harus Punya Gaji Berapa untuk Bisa Hidup Layak di Jakarta?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Sabtu, 02 Jul 2022 09:00 WIB
Parade MotoGP akan digelar di wilayah DKI Jakarta pada Rabu (16/03/2022).
Harus Punya Gaji Berapa untuk Bisa Hidup Layak di Jakarta? Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Biaya hidup di DKI Jakarta dirasakan lebih tinggi dibandingkan kota-kota besar lainnya. Bagi pekerja khususnya perantau, tentu berkeinginan untuk bisa hidup layak di Jakarta. Harus punya gaji berapa agar bisa hidup layak di Jakarta?

Terkait dengan berapa gaji yang cukup untuk hidup layak di Jakarta, Perencana Keuangan Andy Nugroho pun mencoba menggambarkan pengertian dari hidup layak di Jakarta yang seperti apa.

"Kita bicara hidup layak ya. Hidup layak itu kan berarti punya tempat tinggal, bisa makan, bisa ke kantor ke tempat kerja ada uang transportnya, kemudian kita bisa berpakaian layak sesuai dengan pekerjaan kita. Itu yang namanya hidup layak menurut saya," kata Andy kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Sebagai contoh, ada seorang pekerja atau gen z yang baru saja mulai bekerja. Artinya, bisa dibilang mereka masih tinggal di kosan atau mengontrak dengan status belum menikah diasumsikan ia memiliki gaji Rp 5 juta per bulan.

"Taruhlah untuk biaya kontraknya yang medium sekitar Rp 1,5 juta. Di bawah itu juga ada, lebih mahal dari itu? Ada banyak. Sekitar daerah Kuningan, Setiabudi itu yang medium ya kurang lebih segitu. Biaya kos untuk tinggal Rp 1,5 juta," jelasnya.

"Kemudian makan untuk bisa hidup, paling tidak 4 sehat 5 sempurna masih tercukupi. Harga makan sekitar Rp 20 ribu, ini makannya bukan di restoran yang mewah ya. Sehari berarti Rp 60 ribu, anggaplah sebulan kalau konsisten kita butuh budget Rp 1,8 juta," sambung Andy.

Selain itu, Ia juga menambahkan untuk kisaran biaya transportasi pergi dan pulang kantor menggunakan kendaraan umum di Jakarta.

"Ongkos transport, misal kita naik TransJakarta atau mungkin disambung-sambung naik angkot, atau KRL. Ini kendaraan umum non-taksi online atau ojek online. Paling di kisaran Rp 20 ribu per hari. Anggaplah satu bulan kita butuh Rp 600 ribu," jelasnya.

Berapa gaji buat hidup layak di Jakarta?

Menurutnya, dibutuhkan juga biaya untuk kuota internet hingga uang yang disisihkan sebagai tabungan. Kebutuhan membeli pakaian juga perlu dianggarkan.

"Kebutuhan kuota untuk internet, kan mayoritas pakai WhatsApp dibandingkan telepon. Ada kuota yang murah meriah. Setahu saya Rp 100 ribu aja sudah bisa untuk sebulan. Ini bisa dijadikan alternatif. Kemudian untuk kebutuhan pakaian, ya anggaplah kita tiap bulan kita beli baju baru baik untuk bekerja atau keseharian. Ya dianggarkan Rp 500 ribu mungkin. Sok silahkan. Nah, itu semua untuk kos, makan, kuota, transport, pakaian itu kalau ditotal ya sekitar sudah Rp 4,5 juta. Oke kita genapin dengan menabung Rp 500 ribu. Jadi, kan Rp 5 juta" ujar Andy.

Andy mengatakan bahwa seorang yang mempunyai pendapatan Rp 5 juta bisa hidup layak di Jakarta. Menurutnya, jumlah itu sudah cukup, tapi bukan untuk hidup bergaya.

"Menurut saya dengan perhitungan tadi, itu sudah cukup untuk bisa hidup layak di Jakarta. Kalau memang tujuannya untuk hidup layak, bukan untuk bergaya," tegasnya.

Apabila gaji tersebut dimiliki oleh seorang yang sudah menikah, tentu harus ada penambahan nominal. Sejatinya, kerana seorang yang sudah berumah tangga akan memiliki kebutuhan yang lebih banyak.

"Kalau dibandingkan dengan yang sudah berumah tangga, pastinya kebutuhannya lebih banyak lah ya. Karena kan, minimal harus menghidupi dua orang. Biasanya ada tambahan untuk makan, transport kalau pasangannya bekerja, kuota internet, pakaian dan juga tempat tinggal, dan lain-lain," tutup Andy.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT